TUJUAN DAN SASARAN
Tujuan dan sasaran MAN 4 Kebumen mendukung terwujudnya Visi dan Misi Kementerian Agama. Adapun Visi Kementerian Agama Tahun 2021-2025 adalah “Kementerian Agama yang professional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas, dan unggul, untuk mewujidkan Indonesia maju, yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong”.
Dalam melaksanakan visi Kementerian Agama, terdapat enam misi yang dijalankan,yaitu:
- Meningkatkan kesalehan umat beragama;
- Memperkuat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama;
- Meningkatkan layanan keagamaan yang adil, mudah, dan merata;
- Meningkatkan layanan pendidikan yang merata dan bermutu;
- Meningkatkan produktivitas, dan daya saing Pendidikan; dan
- Memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).
Tujuan Kementerian Agama pada Tahun 2021-2025 menetapkan 6 (enam) tujuan, yaitu:
- Peningkatan kualitas umat beragama dalam menjalankan ibadah ritual dan sosial;
- Penguatan kualitas moderasi beragama dan kerukunan umat beragama;
- Peningkatan umat beragama yang menerima layanan keagamaan;
- Peningkatan peserta didik yang memperoleh layanan pendidikan umum berciri khas agama, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan berkualitas;
- Peningkatan lulusan pendidikan yang produktif dan memiliki daya saing komparatif; dan
- Peningkatan budaya birokrasi pemerintahan yang bersih, melayani dan responsif.
MAN 4 Kebumenmendukung pelaksanaan dua dari enam tujuan Kementerian Agama di atas, yaitu:
- Peningkatan peserta didik yang memperoleh layanan pendidikan umum berciri khas agama, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan berkualitas; dan
- Peningkatan budaya birokrasi pemerintahan yang bersih, melayani dan
2.1 Sasaran Kegiatan
- Peningkatan peserta didik yang memperoleh layanan pendidikan umum berciri khas agama, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan berkualitas dicapai dengan menetapkan sasaran strategis dan sasaran program sebagai berikut:
Kode |
Sasaran Strategis |
Sasaran Program |
SS 1 |
Meningkatnya moderasi beragama dan kerukunan umat beragama | Menguatnya sistem pendidikan yang berperspektif moderat |
SS 2 | Meningkatnya kualitas pembelajaran dan pengajaran | Meningkatnya kualitas asesmen dan kemampuan berpikir siswa |
SS 3 | Meningkatnya kualitas pemerataan akses pendidikan | Meningkatnya partisipasi peserta didik pada satuan pendidikan |
SS 4 |
Meningkatnya pengelolaan dan penempatan pendidik |
Meningkatnya kualitas tenaga pendidik pada satuan pendidikan
Meningkatnya kualitas guru yang memenuhi SNP |
SS 5 | Meningkatnya kualitas penjaminan mutu pendidikan | Meningkatnya kualitas standar dan sistem penjaminan mutu pendidikan |
SS 6 | Meningkatnya kualitas mental/karakter siswa | Menguatnya pendidikan karakter siswa |
Sasaran kegiatan yang menjadi tugas dan fungsi MAN 4 Kebumenadalah sebagai berikut:
- Menguatnya muatan moderasi beragama dalam mata pelajaran agama, dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Persentase siswa di madrasah yang memperoleh pendidikan agama yang bermuatan moderasi beragama;
- Persentase guru di madrasah yang dibina dalam moderasi beragama;
- Jumlah kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di madrasah yang bermuatan moderasi beragama.
- Meningkatnya kualitas penerapan kurikulum dan pola pembelajaran inovatif, dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Persentase guru yang menerapkan kurikulum yang berlaku;
- Persentase guru yang menerapkan metode pembelajaran inovatif dalam kurikulum;
- Jumlah kegiatan keagamaan di madrasah;
- Meningkatnya kualitas penilaian pendidikan, dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Persentase guru yang dinilai kinerjanya sebagai dasar penetapan tunjangan;
- Jumlah penghargaan bagi guru dan tenaga kependidikan;
- Jumlah penyelenggaraan asesmen kompetensi siswa di madrasah; dan
- Persentase siswa yang mengikuti asesmen
- Meningkatnya penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem pembelajaran, dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Persentase guru yang menerapkan TIK untuk e-pembelajaran; dan
- Persentase mata pelajaran yang menggunakan bahan belajar berbasis TIK untuk e- pembelajaran;
- Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana pendidikan, dengan indikator kinerja sebagai memenuhi SPM sarana
- Meningkatnya pemberian bantuan pendidikan bagian anak kurang mampu, daerah afirmasi, dan berbakat, dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Jumlah siswa penerima BOS; dan
- Persentase siswa penerima
- Meningkatnya kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Persentase guru yang lulus sertifikasi; dan
- Persentase kepala/guru/tenaga kependidikan madrasah yang memperoleh peningkatan kompetensi.
- Terpenuhinya jumlah guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar minimal, dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Persentase guru yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal; dan
- Persentase tenaga kependidikan lainnya yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal.
- Meningkatnya kualitas pendidikan profesi guru melalui peningkatan kualifikasi pendidik, dengan indikator kinerja meningkatnya persentase guru yang mengikuti PPG; dan
- Menguatnya kapasitas dan akselerasi akreditasi dengan indikator kinerja meningkatkan nilai status
- Meningkatnya budaya mutu pendidikan, dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Penerapan budaya mutu di madrasah; dan
- Persentase siswa yang mengikuti kompetisi nasional maupun
- Meningkatnya budaya belajar dan lingkungan madrasah yang menyenangkan dan bebas dari kekerasan dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Persentase pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran; dan
- Terciptanya madrasah yang ramah
- Meningkatnya kepeloporan dan kesukarelawanan pemuda dan pengembangan pendidikan keperamukaan dengan indikator kinerja sebagai berikut:
- Jumlah organisasi siswa ekstrakurikuler yang dibina kepeloporan dan kesukarelawanan; dan
- Peningkatan budaya birokrasi pemerintahan yang bersih, melayani dan responsif dicapai dengan menetapkan sasaran strategis dan sasaran program sebagai berikut:
Kode |
Sasaran Strategis |
Sasaran Program |
SS 1 |
Meningkatnya kualitas tata kelola pemerintahan yang efektif,
transparan dan akuntabel |
Meningkatnya tata kelola organisasi yang efektif dan akuntabel |
Sasaran kegiatan yang menjadi tugas dan fungsi MAN 4 Kebumenadalah sebagai berikut:
- Meningkatnya kualitas pengelolaan ASN (pengadaan, penempatan, pembinaan dan pengembangan pegawai):
- Persentase dokumen perencanaan ASN yang sesuai kebutuhan satuan kerja;
- Persentase laporan permasalahan kepegawaian di bidang kode etik, disiplin, pemberhentian dan pensiun yang ditandaklanjuti;
- Persentase ASN yang memiliki nilai indeks profesional berkategori sedang (minimum 71);
- Persentase ASN yang memenuhi syarat leveling kompetensi jabatannya;
- Persentase ASN yang diusulkan mutasi tepat waktu; dan
- Persentase data ASN yang diupdate;
- Persentase layanan administrasi kepegawaian berbasis digital yang mudah
- Meningkatnya pengelolaan manajemen keuangan yang tertib sesuai dengan ketentuandengan indikator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Jumlah laporan keuangan semester I dan semester II yang sesuai standar dan tepat waktu;
- Persentase satuan kerja yang telah menerapkan Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK);
- Persentase realisasi pelaksanaan anggaran yang optimal; dan
- Persentase penyelesaian Kerugian Negara pada Kementerian
- Meningkatnya pengelolaan BMN yang akuntabel ,dengan indikator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Persentase nilai Barang Milik Negara yang ditetapkan status penggunaan dan pemanfaatannya;
- Persentase tanah yang bersertifikat; dan
- Persentase nilai Opname Physic (OP)
- Meningkatnya kualitas penataan dan penguatan manajemen organisasi,dengan indikator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Persentase satuan organisasi/kerja yang menetapkan dan mengevaluasi standar operasional prosedur berdasarkan peta proses bisnis;
- Persentase laporan kinerja satuan organisasi yang dievaluasi; dan
- Persentase administrasi hasil pengawasan yang
- Meningkatnya kualitas penerapan Reformasi Birokrasi dengan indikator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Persentase satuan kerja yang telah dilakukan evaluasi implementasi Reformasi Birokrasi;
- Jumlah satuan kerja yang dibina dalam peningkatan zona integritas; dan
- Jumlah agen perubahan yang dibina untuk mengimplementasikan program
- Meningkatnya kualitas perencanaan dan anggaran dengan indikator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Persentase output perencanaan yang berbasis data;
- Persentase keselarasan muatan Renja dengan Renstra; dan
- Persentase perencanaan kerjasama yang
- Meningkatnya pengelolaan manajemen keuangan yang tertib sesuai dengan ketentuandengan indikator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Meningkatnya kualitas pemantauan dan evaluasi perencanaan dan anggaran dengan indikator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Persentase laporan capaian kinerja perencanaan dan anggaran yang berkualitas; dan
- Persentase rekomendasi pemantauan, evaluasi, dan pengendalian rencana pembangunan nasional yang
- Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana kantordengan indikator kinerja kegiatan yaitu: Persentase pemenuhan kebutuhan prasarana kantor sesuai standar;
- Meningkatnya kualitas pengelolaan tata persuratan, arsip dan layanan pengadaan barang jasadengan indikator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Persentase surat masuk yang ditindaklanjuti secara tepat waktu;
- Persentase dokumen yang dikirim secara elektronik;
- Persentase surat yang diarsipkan dalam e-dokumen;
- Persentase menurunnya lelang gagal; dan
- Persentase menurunnya sanggah dan sanggah
- Meningkatnya kualitas pelayanan umum dan rumah tangga dengan indikator kinerja kegiatan, yakni: Persentase kepuasan pelayanan tamu pimpinan;
- Meningkatnya kualitas layanan hubungan masyarakat dan informasi dengan indicator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Jumlah pemberitaan capaian program dan pelaksanaan kegiatan yang dipublikasi; dan
- Persentase pemberitaan negatif tentang MAN 4 Kebumenyang dicounter.
- Meningkatnya kualitas data dan sistem informasi, dengan indikator kinerja kegiatan sebagai berikut:
- Jumlah sistem informasi yang memenuhi standar; dan
- Persentase data agama dan pendidikan yang valid, dan reliable.
- Meningkatnya kualitas administrasi pendidikan keagamaan dengan indikator kinerja kegiatan, yaitu: Jumlah Guru, Pegawai PNS yang memperoleh gaji, tunjangan dan operasional
SASARAN KEGIATAN TAHUN 2021 s.d 2025
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan (SK) | Kode IKSK | Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan (IKSK) |
1 | SK.9 | Menguatnya muatan moderasi beragama dalam mata pelajaran agama | IKSK.1 | Persentase siswa di madrasah yang memperoleh pendidikan agama yang bermuatan moderasi beragama |
IKSK.2 | Persentase guru di madrasah yang dibina dalam moderasi beragama | |||
IKSK.3 | Persentase pengawas pendidikan agama di madrasah yang dibina dalam moderasi beragama | |||
IKSK.4 | Jumlah kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di madrasah yang bermuatan moderasi beragama | |||
2 | SK.25 | Meningkatnya kualitas penerapan kurikulum dan pola pembelajaran inovatif | IKSK.1 | Persentase madrasah yang menerapkan metode pembelajaran inovatif dalam kurikulum |
IKSK.2 | Madrasah melaksanakan program keagamaan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan (SK) | Kode IKSK | Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan (IKSK) |
IKSK.3 | Madrasah melaksanakan program keterampilan/kejuruan | |||
3 | SK.26 | Meningkatnya kualitas penilaian pendidikan | IKSK.1 | Persentase guru di madrasah yang dinilai kinerjanya sebagai dasar penetapan tunjangan |
IKSK.2 | Jumlah penghargaan bagi guru dan tenaga kependidikan pada madrasah | |||
IKSK.3 | Jumlah penyelenggaraan asesmen kompetensi siswa di madrasah | |||
IKSK.4 | Persentase siswa yang mengikuti asesmen kompetensi di madrasah | |||
4 | SK.27 | Meningkatnya penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem pembelajaran | IKSK.1 | Persentase madrasah yang menerapkan TIK untuk e- pembelajaran |
IKSK.2 | Persentase mata pelajaran yang menggunakan bahan belajar berbasis TIK untuk e-pembelajaran | |||
5 | SK.28 | Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana pendidikan | IKSK.1 | Persentase sarana prasarana yang memenuhi SPM |
6 | SK.29 | Meningkatnya pemberian bantuan pendidikan bagi anak kurang mampu, daerah afirmasi, dan berbakat | IKSK.1 | Jumlah siswa penerima BOS pada Madrasah |
IKSK.2 | Persentase siswa penerima PIP pada Madrasah | |||
7 | SK.32 | Meningkatnya kualitas pendidik dan tenaga kependidikan | IKSK.1 | Persentase guru madrasah yang lulus sertifikasi |
IKSK.2 | Persentase tenaga kependidikan madrasah yang memperoleh peningkatan kompetensi | |||
IKSK.3 | Persentase kepala madrasah yang memperoleh peningkatan kompetensi | |||
8 | SK.33 | Terpenuhinya jumlah guru dan | IKSK.1 | Persentase guru pendidikan agama |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan (SK) | Kode IKSK | Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan (IKSK) | ||
tenaga kependidikan dengan standar minimal | sesuai | yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal | ||||
IKSK.2 | Persentase tenaga kependidikan pendidikan agama yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal | |||||
9 | SK.34 | Meningkatnya kualitas pendidikan profesi guru melalui peningkatan kualifikasi pendidik | IKSK.1 | Persentase Guru Madrasah yang mengikuti PPG | ||
IKSK.2 | Persentase Calon Pengawas Madrasah yang menerima beasiswa S2 | |||||
10 | SK.36 | Menguatnya kapasitas dan akselerasi akreditasi | IKSK.1 | Madrasah yang difasilitasi dalam meningkatkan status akreditasi | ||
11 | SK.37 | Meningkatnya budaya pendidikan | mutu | IKSK.1 | Madrasah yang menerapkan budaya mutu | |
IKSK.2 | Persentase siswa madrasah yang mengikuti kompetisi nasional maupun internasional | |||||
12 | SK.38 | Meningkatnya budaya belajar dan lingkungan madrasah yang menyenangkan dan bebas dari kekerasan | IKSK.1 | Persentase madrasah yang mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran | ||
IKSK.2 | Persentase madrasah yang ramah anak | |||||
13 | SK.39 | Meningkatnya kepeloporan dan kesukarelawanan pemuda dan pengembangan pendidikan keperamukaan | IKSK.1 | Jumlah organisasi siswa ekstrakurikuler pada madrasah yang dibina kepeloporan dan kesukarelawanan | ||
IKSK.2 | Jumlah gugus pramuka madrasah yang dibina | pada | ||||
14 | SK.42 | Meningkatnya kualitas pengelolaan ASN (pengadaan, penempatan, pembinaan dan | IKSK.1 | Persentase dokumen perencanaan ASN yang sesuai kebutuhan satuan kerja; |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan (SK) | Kode IKSK | Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan (IKSK) |
pengembangan pegawai) | IKSK.2 | Persentase laporan permasalahan kepegawaian di bidang kode etik, disiplin, pemberhentian dan pensiun yang ditandaklanjuti; | ||
IKSK.3 | Persentase ASN yang memiliki nilai indeks profesional berkategori sedang (minimum 71); | |||
IKSK.4 | Persentase ASN yang memenuhi syarat leveling kompetensi jabatannya; | |||
IKSK.5 | Persentase data ASN yang diupdate; | |||
15 | SK.43 | Meningkatnya pengelolaan manajemen keuangan yang tertib sesuai dengan ketentuan | IKSK.1 | Jumlah laporan keuangan semester I dan semester II yang sesuai standar dan tepat waktu; |
IKSK.2 | Persentase satuan kerja yang telah menerapkan Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK); | |||
IKSK.3 | Persentase realisasi pelaksanaan anggaran yang optimal; | |||
IKSK.4 | Persentase penyelesaian Kerugian Negara pada Kementerian Agama | |||
16 | SK.44 | Meningkatnya pengelolaan BMN yang akuntabel | IKSK.1 | Prosentase nilai Barang Milik Negara yang ditetapkan status penggunaan dan pemanfaatannya; |
IKSK.2 | Persentase tanah yang bersertifikat; | |||
IKSK.3 | Persentase nilai Opname Physic (OP)BMN | |||
17 | SK.45 | Meningkatnya kualitas penataan dan penguatan manajemen organisasi | IKSK.1 | Persentase satuan organisasi/kerja yang menetapkan dan mengevaluasi standar operasional prosedur berdasarkan peta proses bisnis; |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan (SK) | Kode IKSK | Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan (IKSK) |
IKSK.2 | Persentase laporan kinerja satuan organisasi yang dievaluasi; | |||
IKSK.3 | Persentase administrasi hasil pengawasan yang ditindaklanjuti | |||
18 | SK.46 | Meningkatnya kualitas penerapan Reformasi Birokrasi | IKSK.1 | Persentase satuan kerja yang telah dilakukan evaluasi implementasi Reformasi Birokrasi; |
IKSK.2 | Jumlah satuan kerja yang dibina dalam peningkatan zona integritas; | |||
IKSK.3 | Jumlah agen perubahan yang dibina untuk mengimplementasikan program kerja | |||
19 | SK.47 | Meningkatnya kualitas perencanaan dan anggaran | IKSK.1 | Persentase output perencanaan yang berbasis data; |
IKSK.2 | Persentase keselarasan muatan Renja dengan Renstra; | |||
IKSK.3 | Persentase perencanaan kerjasama yang ditindaklanjuti; | |||
20 | SK.48 | Meningkatnya kualitas pemantauan dan evaluasi perencanaan dan anggaran | IKSK.1 | Persentase laporan capaian kinerja perencanaan dan anggaran yang berkualitas; |
IKSK.2 | Persentase rekomendasi pemantauan, evaluasi, dan pengendalian rencana pembangunan nasional yang ditindaklanjuti. | |||
21 | SK.49 | Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana kantor | IKSK.1 | Persentase pemenuhan kebutuhan prasarana kantor sesuai standar |
22 | SK.50 | Meningkatnya kualitas pengelolaan tata persuratan, arsip dan layanan pengadaan barang jasa | IKSK.1 | Persentase surat masuk yang ditindaklanjuti secara tepat waktu; |
IKSK.2 | Persentase dokumen yang dikirim secara elektronik; |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan (SK) | Kode IKSK | Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan (IKSK) |
IKSK.3 | Persentase surat yang diarsipkan dalam e-dokumen; | |||
IKSK.4 | Persentase menurunnya lelang gagal; | |||
IKSK.5 | Persentase menurunnya sanggah dan sanggah banding | |||
23 | SK.51 | Meningkatnya kualitas pelayanan umum dan rumah tangga | IKSK.1 | Persentase kepuasan pelayanan tamu pimpinan |
24 | SK.52 | Meningkatnya kualitas layanan hubungan masyarakat dan informasi | IKSK.1 | Jumlah pemberitaan capaian program dan pelaksanaan kegiatan yang dipublikasi; |
IKSK.2 | Persentase pemberitaan negatif tentang Kementerian Agama yang di- counter | |||
25 | SK.53 | Meningkatnya kualitas data dan sistem informasi | IKSK.1 | Jumlah sistem informasi yang memenuhi standar; |
IKSK.2 | Persentase data agama dan pendidikan yang valid, dan reliable | |||
26 | SK.54 | Meningkatnya kualitas
administrasi pendidikan keagamaan |
IKSK.1 | Jumlah Pengawas, Guru, Pegawai PNS yang memperoleh gaji, tunjangan dan operasional |
- Rumusan Pengukuran Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan
Dalam menetapkan indikator diperlukan rumusan pengukuran yang digunakan untuk mengGambar kan keberhasilan MA Negeri 4 Kebumen. Untuk menghitung indikator diperlukan rumusan cara pengukurannya, penanggungjawab, sumber data, dan periode pelaporan. Tabel berikut menjelaskan rumusan pengukuran indikator kinerja sasaran kegiatan.
Tabel 14
Cara Pengukuran Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan MAN 4 KebumenTahun 2021-2025
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran |
1 | SK.9 | Menguatnya muatan | IKSK.1 | Persentase siswa di | Jumlah siswa yang sudah | Waka | Guru agama | Semester |
moderasi beragama | madrasah yang | memperoleh pendidikan | Kurikulum | |||||
dalam mata | memperoleh pendidikan | agama bermuatan | ||||||
pelajaran agama | agama yang bermuatan | moderasi beragama dibagi | ||||||
moderasi beragama | jumlah keseluruhan siswa | |||||||
dikali 100 % | ||||||||
IKSK.4 | Persentase guru di | Jumlah guru yang sudah | Waka | Kepegawaian | Semester | |||
madrasah yang dibina | memperoleh pembiinaan | Kurikulum | ||||||
dalam moderasi beragama | moderasi beragama dibagi | |||||||
jumlah keseluruhan guru | ||||||||
dikali 100% | ||||||||
IKSK.7 | Persentase pengawas | Jumlah guru yang sudah | Waka | Kepegawaian | Tahunan | |||
pendidikan agama di | memperoleh pembinaan | Kurikulum | ||||||
madrasah yang dibina | moderasi beragama dibagi | |||||||
dalam moderasi beragama | jumlah keseluruhan guru | |||||||
dikali 100% | ||||||||
IKSK.10 | Jumlah kegiatan | Jumlah ekstrakurikuler | Waka | Kesiswaan | Semester | |||
ekstrakurikuler keagamaan | bermuatan moderasi | Kesiswaan | ||||||
di madrasah yang | beragama dibagi jumlah | |||||||
bermuatan moderasi | ekstrakurikuler dikali 100% | |||||||
beragama | ||||||||
2 | SK.25 | Meningkatnya | IKSK.1 | Persentase madrasah yang | Jumlah mata pelajaran | Waka | Kurikulum | Semester |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran |
kualitas penerapan kurikulum dan pola pembelajaran inovatif | menerapkan kurikulum yang berlaku | yang telah menerapkan kurikulum yang berlaku dibagi dengan semua mata pelajaran dikali 100% | Kurikulum | |||||
IKSK.3 | Persentase Madrasah melaksanakan program keagamaan | Jumlah program kegiatan keagamaan dibagi dengan jumlah kegiatan dikali 100% | Waka Kurikulum | Kurikulum | Semester | |||
IKSK.4 | Persentase Madrasah melaksanakan program keterampilan/kejuruan | Jumlah keterampilan yang terlaksana dibagi dengan jumlah program keterampilan dikali 100% | Waka Kurikulum | Kurikulum | Semester | |||
3 | SK.26 | Meningkatnya kualitas penilaian pendidikan | IKSK.1 | Persentase guru madrasah yang dinilai kinerjanya sebagai dasar penetapan tunjangan | Jumlah guru madrasah yang dinilai kinerjanya sebagai dasar penetapan tunjangan di bagi dengan guru madrasah yang belum dinilai kinerjanya dikali 100% | Kepala Tata Usaha | PPABP | Tahunan |
IKSK.4 | Jumlah penghargaan bagi guru dan tenaga kependidikan pada madrasah | Jumlah guru dan tenaga kependidikan yang menerima penghargaan | Kepala Tata Usaha | kepegawaian | Tahunan | |||
IKSK.5 | Jumlah penyelenggaraan asesmen kompetensi siswa | Jumlah siswa yang mengikuti asesmen | Waka Kurikulum | Kurikulum | Semester |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran |
di madrasah | kompetensi siswa | |||||||
IKSK.6 | Persentase siswa yang mengikuti asesmen kompetensi di madrasah | Jumlah siswa yang mengikuti asesmen kompetensi siswa dibagi jumlah siswa dikali 100% | Waka Kurikulum | Kurikulum | Semester | |||
4 | SK.27 | Meningkatnya penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem pembelajaran | IKSK.1 | Persentase madrasah yang menerapkan TIK untuk e- pembelajaran | Jumlah | Waka Kurikulum | Kurikulum | Semester |
IKSK.3 | Persentase mata pelajaran yang menggunakan bahan belajar berbasis TIK untuk e-pembelajaran | Jumlah mata pelajaran yang menggunakan bahan belajar berbasis TIK untuk e-pembelajaran dibagi jumlah mata pelajaran dikali 100% | Waka Kurikulum | Kurikulum | Semester | |||
5 | SK.28 | Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana pendidikan | IKSK.4 | Persentase sarana yang memenuhi SPM sarana prasarana | Jumlah sarana prasarana yang tersedia dibagi dengan jumlah sarana prasarana sesuai SPM dikali 100% | Waka Sarpras | Sarpras | Tahunan |
6 | SK.29 | Meningkatnya pemberian bantuan pendidikan bagi anak kurang
mampu, daerah afirmasi, dan |
IKSK.1 | Jumlah siswa penerima BOS pada Madrasah | Jumlah siswa penerima BOS | Kepala Tata Usaha | Emis | Tahunan |
IKSK.3 | Persentase siswa penerima PIP pada Madrasah keagamaan | Jumlah siswa penerima PIP dibagi jumlah siswa dikali 100% | Waka Kesiswaan | Emis | Tahunan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran |
berbakat | ||||||||
7 | SK.32 | Meningkatnya kualitas pendidik
dan tenaga kependidikan |
IKSK.1 | Persentase guru madrasah yang lulus sertifikasi | Jumlah guru madrasah yang lulus sertifikasi dibagi jumlah guru madrasah dikali 100% | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | Tahunan |
IKSK.2 | Persentase tenaga kependidikan madrasah yang memperoleh peningkatan kompetensi | Jumlah tenaga kependidikan madrasah yang memperoleh peningkatan kompetensi dibagi dengan jumlah kepala/guru/tenaga kependidikan dikali 100% | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | Tahunan | |||
IKSK.3 | Persentase kepala madrasah yang memperoleh peningkatan kompetensi | Jumlah kepala madrasah yang memperoleh peningkatan kompetensi dibagi dengan jumlah kepala/guru/tenaga kependidikan dikali 100% | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | Tahunan | |||
8 | SK.33 | Terpenuhinya jumlah guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar minimal | IKSK.3 | Persentase guru yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal | jumlah guru yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal dibagi jumlah guru dikali 100% | Waka Kurikulum | Kurikulum | Tahunan |
IKSK.4 | Persentase tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi dan | jumlahtenaga kepemdikan yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | Tahunan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran |
kompetensi minimal | dibagi jumlah guru dikali 100% | |||||||
9 | SK.34 | Meningkatnya kualitas pendidikan profesi guru melalui peningkatan kualifikasi pendidik | IKSK.1 | Persentase Guru Madrasah yang mengikuti PPG | Jumlah Guru Madrasah yang mengikuti PPG dibagi Guru Madrasah dikali 100% | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | Tahunan |
IKSK.4 | Persentase Calon Pengawas Madrasah yang menerima beasiswa S2 | Jumlah Calon Pengawas Madrasah yang menerima beasiswa S2 dibagi Calon Pengawas Madrasah Keagamaan dikali 100% | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | Tahunan | |||
10 | SK.36 | Menguatnya kapasitas dan akselerasi akreditasi | IKSK.1 | Madrasah yang difasilitasi dalam meningkatkan status akreditasi | Jumlah Madrasah yang difasilitasi dalam meningkatkan status akreditasi | Kepala Tata Usaha | Badan Akreditasi Nasional | Empat Tahunan |
11 | SK.37 | Meningkatnya budaya mutu pendidikan | IKSK.1 | Madrasah yang menerapkan budaya mutu | Jumlah Madrasah yang menerapkan budaya mutu | Waka Humas | Humas | Tahunan |
IKSK.3 | Persentase siswa madrasah yang mengikuti kompetisi nasional maupun internasional | Jumlah siswa madrasah yang mengikuti kompetisi nasional maupun internasional di bagi semua siswa dikali 100% | Waka Kesiswaan | Kesiswaan | Semester | |||
12 | SK.38 | Meningkatnya budaya belajar dan lingkungan | IKSK.1 | Persentase madrasah yang mengintegrasikan pendidikan karakter dalam | Jumlah mata pelajran yang mengintegrasikan pendidikan karakter dalam | Waka Kurikulum | Kurikulum | Semester |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran |
madrasah yang menyenangkan dan bebas dari
kekerasan |
pembelajaran | pembelajaran dibagi jumlah seluruh mata pelajaran dikali 100% | ||||||
IKSK.3 | Persentase madrasah yang ramah anak | Jumlah kegiatan madrasah yang ramah anak dibagi jumlah kegiatan madrasah dikali 100% | Waka Kesiswaan | Kesiswaan | Semester | |||
13 | SK.39 | Meningkatnya kepeloporan dan kesukarelawanan pemuda dan pengembangan pendidikan keperamukaan | IKSK.1 | Jumlah organisasi siswa ekstrakurikuler pada madrasah yang dibina kepeloporan dan kesukarelawanan | Jumlah organisasi siswa ekstrakurikuler | Waka Kesiswaan | Kesiswaan | Semester |
IKSK.3 | Jumlah gugus pramuka pada madrasah yang dibina | Jumlah gugus pramuka | Waka Kesiswaan | Kesiswaan | Semester | |||
14 | SK.42 | Meningkatnya kualitas pengelolaan ASN (pengadaan, penempatan, pembinaan dan pengembangan pegawai) | IKSK.1 | Persentase dokumen perencanaan ASN yang sesuai kebutuhan satuan kerja; | Jumlah dokumen perencanaan ASN yang sesuai kebutuhan satuan kerja dibagi dengan jumlah dokumen perencanaan ASN dikali 100% | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | Tahunan |
IKSK.2 | Persentase laporan permasalahan kepegawaian di bidang kode etik, disiplin, | Jumlah laporan permasalahan kepegawaian di bidang kode etik, disiplin, | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | tahunan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran | |
pemberhentian dan
pensiun yang ditandaklanjuti; |
pemberhentian dan
pensiun yang ditandaklanjuti dibagi laporan permasalahan kepegawaian di bidang kode etik, disiplin, pemberhentian dan pensiun dikali 100% |
||||||||
IKSK.4 | Persentase ASN yang memiliki nilai indeks professional berkategori sedang (minimum 71); | Jumlah ASN yang memiliki nilai indeks professional berkategori sedang dibagi jumlah ASN dikali 100% | Kepala Usaha | Tata | Kepegawaian | tahunan | |||
IKSK.5 | Persentase ASN yang memenuhi syarat leveling kompetensi jabatannya; | Jumlah ASN yang memenuhi syarat leveling kompetensi jabatannya dibagi jumlah ASN dikali 100% | Kepala Usaha | Tata | Kepegawaian | tahunan | |||
IKSK.6 | Persentase data ASN yang diupdate | Jumlah data ASN yang diupdate dibagi jumlah ASN fikali 100% | Kepala Usaha | Tata | Kepegawaian | tahunan | |||
15 | SK.43 | Meningkatnya pengelolaan manajemen keuangan yang tertib sesuai dengan | IKSK.1 | Jumlah laporan keuangan semester I dan semester II yang sesuai standar dan tepat waktu; | Jumlah laporan keuangan | Kepala Usaha | Tata | Bendahara | Tahunan |
IKSK.2 | Persentase satuan kerja | Jumlah satuan kerja yang | Kepala | Tata | Bendahara | Tahunan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran | |
ketentuan | yang telah menerapkan Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK); | telah menerapkan Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK) dibagi jumlah satuan kerja dikali 100% | Usaha | ||||||
IKSK3 | Persentase realisasi pelaksanaan anggaran yang optimal; | Jumlah realisasi
pelaksanaan anggaran yang optimal dibagi jumlah anggaran |
Kepala Usaha | Tata | Bendahara | Tahunan | |||
IKSK.4 | Persentase penyelesaian Kerugian Negara pada Kementerian Agama | Jumlah penyelesaian Kerugian Negara pada Kementerian Agama dibagi jumlah kerugian negara pada kementerian agama dikali 100% | Kepala Usaha | Tata | Bendahara | Tahunan | |||
16 | SK.44 | Meningkatnya pengelolaan BMN yang akuntabel | IKSK.1 | Persentase nilai Barang Milik Negara yang ditetapkan status
penggunaan dan pemanfaatannya; |
Jumlah BMN yang ditetapkan status
penggunaan dan pemanfaatannya dibagi jumlah BMN dikali 100% |
Kepala Usaha | Tata | BMN | Tahunan |
IKSK.2 | Persentase tanah yang bersertifikat; | Jumlah tanah bersertifikat dibagi jumlah tanah dikali 100% | Kepala Usaha | Tata | BMN | Tahunan | |||
IKSK.3 | Persentase nilai Opname Physic (OP) BMN | Jumlah nilai Opname Physic BMN di jumlah BMN | Kepala Usaha | Tata | BMN | Tahunan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran | |
dikali 100% | |||||||||
17 | SK.45 | Meningkatnya kualitas penataan dan penguatan manajemen organisasi | IKSK.1 | Persentase satuan
organisasi/kerja yang menetapkan dan mengevaluasi standar operasional prosedur berdasarkan peta proses bisnis; |
Jumlah satuan
organisasi/kerja yang menetapkan dan mengevaluasi standar operasional prosedur berdasarkan peta proses bisnis dibagi jumlah satuan organisasi kerja dikali 100% |
Kepala Usaha | Tata | Bendahara | Tahunan |
IKSK.2 | Persentase laporan kinerja satuan organisasi yang dievaluasi; | Jumlah laporan kinerja satuan organisasi yang dievaluasi dibagi jumlah laporan kinerja dikali 100% | Kepala Usaha | Tata | Kepegawaian | tahunan | |||
IKSK.3 | Persentase administrasi hasil pengawasan yang ditindaklanjuti | Jumlah administrasi hasil pengawasan yang
ditindaklanjuti dibagi administrasi hasil pengawasan dikali 100% |
Kepala Usaha | Tata | Kepegawaian | tahunan | |||
18 | SK.46 | Meningkatnya kualitas penerapan Reformasi Birokrasi | IKSK.1 | Persentase satuan kerja yang telah dilakukan evaluasi implementasi Reformasi Birokrasi; | Jumlah satuan kerja yang telah dilakukan evaluasi implementasi Reformasi Birokrasi dibagi jumlah satuan kerja dikali 100% | Kepala Usaha | Tata | Kepegawaian | tahunan |
IKSK.2 | Jumlah satuan kerja yang | Jumlah satuan kerja yang | Kepala | Tata | Kepegawaian | tahunan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran |
dibina dalam peningkatan zona integritas; | dibina dalam peningkatan zona integritas; | Usaha | ||||||
IKSK.3 | Jumlah agen perubahan yang dibina untuk mengimplementasikan program kerja | Jumlah agen perubahan yang dibina untuk mengimplementasikan program kerja | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | tahunan | |||
19 | SK.47 | Meningkatnya kualitas perencanaan dan anggaran | IKSK.1 | Persentase output
perencanaan yang berbasis data; |
Jumlah output
perencanaan yang berbasis data dibagi output perencanaan dikali 100% |
Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | tahunan |
IKSK.2 | Persentase keselarasan muatan Renja dengan Renstra; | Jumlah keselarasan muatan Renja dengan Renstra dibagi jumlah Renja dengan Renstra | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | tahunan | |||
IKSK.3 | Persentase perencanaan kerjasama yang ditindaklanjuti | Jumlah perencanaan kerjasama yang ditindaklanjuti dibagi jumlah perencanaan kerjasama | Waka Humas | Kepegawaian | tahunan | |||
20 | SK.48 | Meningkatnya kualitas pemantauan dan evaluasi perencanaan dan anggaran | IKSK.1 | Persentase laporan
capaian kinerja perencanaan dan anggaran yang berkualitas; |
Jumlah laporan capaian kinerja perencanaan dan anggaran yang berkualitas dibagi jumlah laporan capaian kinerja perencanaan dan anggaran | Kepala Tata Usaha | Kepegawaian | tahunan |
IKSK.2 | Persentase rekomendasi | Jumlah rekomendasi | Kepala Tata | BMN | Tahunan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran | |
pemantauan, evaluasi, dan | pemantauan, evaluasi, dan | Usaha | |||||||
pengendalian rencana | pengendalian rencana | ||||||||
pembangunan nasional | pembangunan nasional | ||||||||
yang ditindaklanjuti. | yang ditindaklanjuti dibagi | ||||||||
jumlah rekomendasi | |||||||||
pemantauan, evaluasi, dan | |||||||||
pengendalian rencana | |||||||||
pembangunan nasional | |||||||||
dikali 100% | |||||||||
21 | SK.49 | Meningkatnya | IKSK.1 | Persentase pemenuhan | Jumlah pemenuhan | Kepala | Tata | BMN | Tahunan |
kualitas sarana dan | kebutuhan prasarana | kebutuhan prasarana | Usaha | ||||||
prasarana kantor | kantor sesuai standar | kantor sesuai standar | |||||||
dibagi jumlah pemenuhan | |||||||||
kebutuhan prasarana | |||||||||
kantor | |||||||||
22 | SK.50 | Meningkatnya | IKSK.1 | Persentase surat masuk | Jumlah surat masuk yang | Kepala | Tata | persuratan | Tahunan |
kualitas pengelolaan | yang ditindaklanjuti secara | ditindaklanjuti secara tepat | Usaha | ||||||
tata persuratan, | tepat waktu; | waktu dibagi jumlah surat | |||||||
arsip dan layanan | masuk dikali 100% | ||||||||
pengadaan barang | IKSK.2 | Persentase dokumen yang | Jumlah dokumen yang | Kepala | Tata | Persuratan | Tahunan | ||
jasa | dikirim secara elektronik; | dikirim secara elektronik | Usaha | ||||||
dibagi jumlah dokumen | |||||||||
dikali 100% | |||||||||
IKSK.3 | Persentase surat yang diarsipkan dalam e- | Jumlah surat yang diarsipkan dalam e- | Kepala Usaha | Tata | Persuratan | Tahunan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran |
dokumen; | dokumen dibagi jumlah surat yang diaarsip dikali 100% | |||||||
IKSK.4 | Persentase menurunnya lelang gagal; | Jumlah lelang gagal dibagi jumlah lelang dikali 100% | Kepala Tata Usaha | Sarpras | Tahunan | |||
IKSK.5 | Persentase menurunnya sanggah dan sanggah banding | Jumlah menurunnya sanggah dan sanggah banding dikali jumlah sanggah dan sanggah banding dikali 100% | Kepala Tata Usaha | Sarpras | Tahunan | |||
23 | SK.51 | Meningkatnya kualitas pelayanan umum dan rumah tangga | IKSK.1 | Persentase kepuasan pelayanan tamu pimpinan | Jumlah kepuasan pelayanan tamu pimpinan dibagi jumlah tamu dikali 100% | Kepala Tata Usaha | PTSP | Tahunan |
24 | SK.52 | Meningkatnya kualitas layanan hubungan masyarakat dan informasi | IKSK.1 | Jumlah pemberitaan capaian program dan pelaksanaan kegiatan yang dipublikasi; | Jumlah pemberitaan capaian program dan pelaksanaan kegiatan yang dipublikasi | Waka Humas | Website | Tahunan |
IKSK.1 | Persentase pemberitaan negatif tentang Kementerian Agama yang dicounter | Jumlah pemberitaan negatif tentang Kementerian Agama yang dicounter dibagi jumlah pemberitaan negative dikali 100% | Waka Humas | Website | Tahunan | |||
25 | SK.53 | Meningkatnya | IKSK.1 | Jumlah sistem informasi | Jumlah sistem informasi | Waka Humas | SIM | Tahunan |
No | Kode SK | Sasaran Kegiatan | Kode IKSK | IKSK | Cara Pengukuran | Penanggung jawab | Sumber Data | Periode Pengukuran |
kualitas data dan sistem informasi | yang memenuhi standar; | |||||||
IKSK.2 | Persentase data agama dan pendidikan yang valid, dan reliable | Jumlah data agama dan pendidikan yang valid, dan reliable di bagi jumlah data agama dan pendidikan dikali 100% | Waka Humas | Emis | Tahunan | |||
26 | SK.54 | Meningkatnya kualitas administrasi pendidikan keagamaan | IKSK.1 | Jumlah Pengawas, Guru, Pegawai PNS yang memperoleh gaji, tunjangan dan operasional | Jumlah Pengawas, Guru, Pegawai PNS yang memperoleh gaji, tunjangan dan operasional | Kepala Tata Usaha | PPABP | Tahunan |