BAB I

PENDAHULUAN

  • Profil Madrasah
    1. Nama Madrasah             : MAN 4 KEBUMEN
    2. Nomor Statistik             : 131133050001
    3. NPSN                         : 20362987
    4. Status Madrasah             : Negeri
    5. NPWP                         : 001711076523000
    6. Alamat
      • Jalan/Nomor             : Jl. Karangbolong / KM. 01
      • Desa / Kelurahan : Semondo / Semondo
      • Kecamatan             : Gombong
      • Kab / Kota             :  Kebumen
      • Propinsi             : Jawa Tengah
      • Kode Pos             : 54413
      • Telepon/Fax             : (0287) 473149 / (0287) 473029
      • E-mail madrasah : [email protected]
      • Web madrasah :man4bumen.sch.id
    7. Tahun Berdiri / Izin : 1984
    8. SK izin                         : Wk/5.d/1800/1984
    9. Sk izin                         : 25 September 1984
    10. Status Akreditasi             : A
    11. Tahun akreditasi             : 2019
    12. SK Lembaga             : 905/BAN-SM/SK/2019
    13. SK Lembaga             : 21 Oktober 2019
    14. Identitas Kepala Madrasah
  • Nama Kamad : MUHAMAD SISWANTO, M.Pd.I
  • NIP : 197106042001121002
  • Pangkat/Golongan : Pembina/ IVa
  • Tempat/Tgl Lahir : Jepara, 4 Juni 1971
  • Jenis Kelamin : Laki-Laki
  • Pendidikan : S2
  • Alamat Rumah : Desa Demangsari Kec. Ayah Kab. Kebumen
    1. Identitas Komite Madrasah
      • Periode Komite : 2020-2022
      • SK Kamad : 036A Tahun 2020
      • Susunan Pengurus

 

    1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

 

Drs. H. Dasuki Anwar, M.Ag.

Satino

Slamet Riyadi

H. Taufik Hidayat, ST

Drs. H. Edy Haryanto, M.Pd.

H. Muhamad Asroni, S.Ag

H.M. Saliman

Sapari

Muhamad Asror

Muhajir Iskandar

Ketua

Sekretaris

Bendahara

Anggota

Anggota

Anggota

Anggota

Anggota

Anggota

Anggota

 

Sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam di bawah naungan Kementerian Agama, MAN 4 Kebumen mendapat mandat:

  1. Mengemban amanah sebagai sekolah umum berciri khas islam, yang menyelenggarakan pendidikan mapel-mapel umum dan pendidikan mapel-mapel PAI;
  2. Mengemban amanah sebagai madrasah yang mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik berdasarkan prinsip pendidikan multiple intelligence;
  3. Mengemban amanah sebagai madrasah ketrampilan; dan
  4. Mengemban amanah untuk meningkatkan kemampuan tahfidh, mengintegrasikan nilai-nilai ramah anak, cinta dan peduli lingkungan serta menanamkan akhlakul karimah berdasarkan nilai-nilai islam.

Dalam melaksanakan kegiatannya, MAN 4 Kebumen wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai lima Budaya Kerja Kementerian Agama, sebagai berikut :

  1. Integritas : Keselarasan Antara Hati, Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan Yang Baik dan Benar;
  1. Profesionalitas : Bekerja secara Disiplin, Kompeten, dan Tepat Waktu dengan Hasil Terbaik;
  2. Inovasi : Menyempurnakan yang Sudah Ada dan Mengkreasi Hal Baru Yang Lebih Baik;
  3. Tanggung Jawab : Bekerja Secara Tuntas dan Konsekuen; dan
  4. Keteladanan : Menjadi Contoh Yang Baik bagi Orang Lain.

  Tujuan Madrasah

Mengacu pada visi dan misi sekolah serta tujuan umum pendidikan dasar, yaitu Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri, dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.Pada tahun Pelajaran 2019/2020/2021  MAN 4 Kebumen .ingin mewujudkan hal-hal berikut :

  • Sekolah telah menyusun Kurikulum 2013 dan telah mengadopsi kurikulum yang membentuk karakter peserta didik berakhlak mulia.
  • Sekolah telah melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan
  • Sekolah telah memiliki standar kompetensi lulusan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  • Sekolah telah melaksanakan pembinaan kepribadian untuk mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik.
  • Sekolah telah melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan iklim yang kondusif dan demokratis.
  • Sekolah mewujudkan lingkungan yang asri, sejuk, rindang, hijau dan sehat dalam upaya pelestarian lingkungan.
  • Mengurangi sampah plastik dalam upaya pencegahan, pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.
  • Sekolah telah melakukan upaya konservasi sumber daya alam di sekolah dalam rangka mencegah kerusakan lingkungan hidup.

Sejarah Singkat Madrasah

MAN 4 Kebumen berdiri sesuai dengan SK DIREKTUR PEMBINAAN KELEMBAGAAN AGAMA ISLAM Nomor  66/E/86 , tertanggal  30 September 1986 dengan nama Madrasah Aliyah Negeri Kebumen Filial Gombong berlokasi  di Jl. Kawedanan Gombong Kecamatan Gombong  Kabupaten Jawa Tengah. Dan MAN Kebumen filial Gombong mengalami Penegrian bedasarkan  Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 107 Tahun 1997 dengan nama Madrasah Aliyah Negeri  GOMBONG dengan   Nomor Statistik Madrasah (NSM) 131133050001 yang berlokasi di Jl. Karang Bolong Km.01 Semondo Gombong Kabupaten Kebumen tertanggal 17 Maret 1997. Kemudian tahun  2018  nama sekolah berubah menjadi MAN 4 Kebumen. MAN 4 Kebumen berlokasi di desa Semondo kecamatan Gombong  kabupaten Kebumen yang berdiri di tanah seluas 5.470 M2  Pada tahun 2014 s/d  2020 .terakreditasi dengan nilai A.

 

1.1  Capaian Kegiatan Peningkatan Akses, Mutu, dan Relevansi Madrasah

  • Pengembangan Standar Isi

Standar isi memuat kerangka dasar dan Struktur Kurikulum, Muatan Kurikulum, Ketuntasan Belajar, Kriteria kenaikan kelas dan kelulusan mata pelajaran, pedoman penilaian, peminatan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan keunggulan/ciri khas madrasah, kalender pendidikan. Dokumen tersebut terhimpun dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Capaian kinerja dalam peningkatan Standar Isi  pada saat ini adalah:

  1. Dokumen satu KTSP, tercapai 100%;
  2. Dokumen dua KTSP (silabus), kurang dari 100% lengkap dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP);
  3. Dokumen tiga Kurikulum (RPP), kurang dari 100% lengkap dan sudah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP); dan
  4. Menyusun dokumen kurikulum progran unggulan dan ciri khas madrasah, yang terdiri dari:
    • Program Islamic Boarding School (IBS) sebagai program unggulan MAN 4 Kebumenyang memberikan layanan asrama kepada peserta didik untuk mendapatkan penambahan ilmu-ilmu keagamaan seperti pondok pesantren.
    • Program Kelas Integrasi yang memadukan program FDS dan IBS dengan pembelajaran digital menggunakan 3 bahasa, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa
    • Muatan Lokal Karya Ilmiah Remaja (KIR) sebagai program unggulan madrasah
    • Muatan Lokal Tahfidzul Quran sebagai program unggulan berciri khas keislaman.
    • Muatan Lokal Bahasa Jawa sebagai muatan
    • Ekstrakurikuler Robotik sebagai pengembangan teknologi bagi peserta

1.2.2  Pengembangan Standar Proses

Capaian kinerja dalam peningkatan ditinjau dari aspek standar proses  pada saat ini adalah:

  1. Materi pembelajaran digital tiap mata pelajaran dalam bentuk e-book, video, dan atau animasi yang diintegrasikan dalam elearning madrasah dengan memanfaatkan aplikasi elearning yang dibuat oleh Kementerian Agama;
  2. Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berpedoman pada prosedur pembelajaran saintifik yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thingking skill); dan
  3. Menyusun modul bahan ajar Karya Ilmiah Remaja (KIR) sebagai panduan dalam pembelajaran
  4. Pemberdayaan perpustakaan digital, dimana ada 60 koleksi ebook yang bisa diakses.

 

Selain itu dalam rangka memenuhi kebutuhan literasi dan sumber belajar, Perpustakaan memiliki 2.4779 buku cetak, yang terdiri dari 24.363 buku non fiksi dan 215 buku referensi, serta berlanggan media berkala secara konsisten.

  1. Pelaksanan pembiasaan ibadah yaumiyah dan pembinaan iman dan taqwa; berdoa sebelum dan sesudah belajar, tadarus, pembacaan asmaul husna, Sholat Dhuha, Sholat Dzuhur dan Sholat ‘Ashar berjamaah,  Dzikir dan Doa bersama, Pesantren Ramadhan, dan Madrasah Peduli Masjid;
  2. Pelaksanaan program pembelajaran terintegrasi dan kolaborasi (outing class, outdoor learning goes to campus);
  3. Penguatan dan Pengendalian Program 5K terprogram dengan baik;
  4. Penguatan dan Pembentukan karakter dan wawasan kebangsaan terprogram dengan baik;
  5. Kegiatan kepramukaan tidak berjalan dengan maksimal karena masa pandemi;
  6. PerkemahanBakti Siswa tidak berjalan karena masa pandemi;
  7. Pengenalan Madrasah pada peserta didik baru melalui kegiatan MATSAMA terlaksana dengan baik;
  8. Pengiriman delegasi dalam ajang kompetisi/lomba berjalan dengan efektif;
  9. Pembinaan prestasi pada ajang kompetisi akademik dan non akademik terprogram dengan baik;
  10. Pembinaan kebugaran dan kesamaptaan peserta didik tidak berjalan karena masa pandemi;
  11. Penyelenggaraan kegiatan kompetisi siswa dalam bidang akademik ataupun mon akademik melalui event peringatan hari besar nasional berjalan dengan efektif;
  12. Mengikuti even perlombaan sebagai ajang mengasah kompetensi dan kepercayaan diri peserta didik, unjuk dan gelar minat bakat serta potensi siswa terprogram dengan baik;
  13. Pengelolaan Kegiatan EkstrakurikulerDisesuaikan kondisi pada Madrasah dengan kreatifitas peserta didik dan terprogram dengan baik;
  14. Penyusunan program dan pelaporan masing-masing kegiatan ekstrakurikuler terprogram dengan baik tetapi tidak berjalan secara maksimal karena masa pandemi; dan
  15. Penyelenggaraan pembelajaran akhir tahun dalam kegiatan wisuda purna siswa dan Tahfidz belum optimal karena masa pandemi covid-19.

 

Gambar 1

Kegiatan Pembiasaan Bersih Lingkungan Madrasah untuk Membentuk Peserta Didik yang Menyadari Pentingnya Kebersihan

Gambar 2

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) untuk Mengembagkan Nilai-nilai Keagamaan bagi Peserta Didik yang Mencerminkan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan berciri khas Keislaman

Gambar 3

Mengantri merupakan hal kecil harus senantiasa dibiasakan agar mereka memiliki budaya antri yang kini mulai memudar di masyarakat

Gambar 4

Kegiatan Masa Orientasi Siswa Madrasah (Matsama) untuk Mengenalkan Peserta Didik Baru terhadap Lingkungan Madrasah dan Kegiatan Pembelajaran

Gambar 5

Pembangunan Citra Positif madrasah melalui media online di tengah pendemi covid-19

Gambar 6

Ekstrakurikur Merupakan Kegiatan Nonakademik yang Bertujuan untuk Mengemangkan Karakter Peserta Didik dan Memupuk Jiwa Kepemimpinan dan Tanggung Jawab

Gambar 7

Mengenalkan budaya nusantara berupa tari Tek-tek untuk membiasakan mencintai budaya tanah air

Gambar 8

Pemilihan Pengurus OSIS dan Serah Terima Kepengurusan sebagai Wahana Melatih Peserta Didik untuk Berorganisasi

Gambar 9

Madrasah menyelenggarakan seremoni penyerahan hadiah dan penghargaan kepada siswa yang berprestasi

Gambar 10

Senam pagi Menjadi pembiasaan untuk hidup sehat dan bugar baik untuk siswa maupun guru

Gambar 11

Pembiasaan yang dilatihkan dalam kegiatan pramuka dan PMR diantaranya adalah gotongroyong membuat dragbar dari tali dan bambu

 

 

1.2.1 Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk satuan pendidikan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik. Standar Kompetensi Lulusan meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran. Standar Kompetensi Lulusan, meliputi: SKL Mata Pelajaran SMA-MA, capaian kinerja pada standar ini ditinjau dari aspek antara lain:

  1. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran pada setiap jenjang menunjukkan progres kemajuan;
  2. Sebaran kegiatan lulusan/alumni sudah terdokumentasi;
  3. Penentuan kriteria kelulusan mengalami peninjauan dan berubahan kearah lebih baik

Adapun terkait aspek diatas dapat dilihat pada Tabel  berikut ini:

Tabel 1

Rata-rata KKM Mata Pelajaran dari Tahun 2016-2020

Tahun Tahun Pelajaran Rata-rata KKM Mata Pelajaran
2016 2016/2017 60
2017 2017/2018 60
2018 2018/2019 60
2019 2019/2020 60
2020 2020/2021 60

Setiap tahun ajaran baru, Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen melakukan peninjauan dan perubahan KKM menyesuaikan dengan perkembangan dan regulasi dunia pendidikan. Walaupun demikian, rata-rata KKM Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen terus naik setiap tahunnya. KKM Mata Pelajaran berkisar anatara 60.00 sampai dengan 80.00 Kini, KKM  Madrasah yang diambil dari rata-rata KKM Mata Pelajaran sebesar 60.00.

Tabel 2

Data Lulusan dan Sebarannya Tahun 2015-2020

Tahun Jumlah Siswa Yang Lulus PTN PTS KERJA lain-lain
2016 109 5 15 63 26
2017 171 6 31 98 36
2018 179 5 23 128 23
2019 191 13 17 139 22
2020 203 23 23 105 52

Grafik 1

Grafik data Tabel 2 Data Lulusan Tahun 2015-2020

Berdasarkan grafik di atas, dapat diperoleh gambaran bahwa minat alumni Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen untuk tetap belajar di madrasah terus meningkat. Sedangkan data MAN yang dimaksud dalam grafik dan tabel di atas hanya merepresentasikan MAN 4 Kebumen,  belum   mencakup   MAN   yang   ada di  Indonesia.  Selain melanjutkan ke PTN, banyak alumni MAN 4 Kebumen yang melanjutkan ke PTS, Kursus,Bekerja,TNI, dan Wirasasta.

Untuk PTN di Indonesia Terutama di Jawa Tengah masih  menjadi prioritas utama alumni dalam melanjutkan pendidikan. Disusul dengan PTS di Indonesia Terutama di Jawa Tengah .

1.2.3 Pengembangan Standar Penilaian

Penilaian hasil belajar terdiri dari penilaian oleh pendidik, Penilaian  hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi terdiri atas: Penilaian hasil belajar oleh pendidik, dan Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan tinggi. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang diatur oleh masing-masing perguruan tinggi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Capaian kinerja MAN 4 Kebumen di tinjau dari aspek Standar Penilaian  pada saat ini adalah:

  1. Terdokumentasikannya proses dan hasil penilaian autentik kurikulum 2013;
  2. Pengelolaan Program Ulangan Harian, Penilaian Tenagh Semester, Akhir Semester dan Penilian Akhir Tahun, Ujian Madrasah, dan Ujian Praktek;
  3. Terdokumentasikannya program remedial dan pengayaan;
  4. Penyempurnaan standar baku format laporan hasil belajar peserta didik; dan
  5. Penggunaan Aplikasi Raport Digital (ARD) dalam pelaporan hasil belajar siswa.

 

Tabel 3

DAFTAR NILAI RATA-RATA UJIAN NASIONAL MA Negeri 4 Kebumen

MAN 4 Kebumen T.P 2015/2016

  1. Program MIPA
Nilai Ujian Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Fisika Kimia Biologi
Rata-rata 70.25 42.14 39.38 39.65 42.05 49.62
Terendah 44.0 22.0 12.5 15.0 17.5 20.0
Tertinggi 86.0 76.0 85.0 77.5 80.0 85.0
Standar Deviasi 7.16 13.23 18.22 15.90 12.97 15.06

 

  1. Program IPS
Nilai Ujian Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Ekonomi Sosiologi Geografi
Rata-rata 63.54 40.18 34.60 47.43 49.58 60.28
Terendah 32.0 16.0 7.5 20.0 26.0 22.0
Tertinggi 82 70.0 80.0 77.5 74.0 92.0
Standar Deviasi 9.071252 13.09856 17.21563 12.65232 11.21285 14.92696

 

MAN 4 Kebumen T.P 2016/2017

  1. Program MIPA
Nilai Ujian Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Fisika Kimia Biologi
Rata-rata 74,63 43,06 34,52 42,93 43,57 45,38
Terendah 48,0 22,0 17,5 27,5 30,0 27,5
Tertinggi 98,0 76,0 70,0 67,5 65,0 75,0
Standar Deviasi 9,61 12,36 12,23 9,78 11,33 10,93

 

  1. Program IPS
Nilai Ujian Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Ekonomi Sosiologi Geografi
Rata-rata 71,07 40,39 42,68 54,40 65 60,21
Terendah 44,0 20,0 17,5 37,5 46,0 32,0
Tertinggi 88,0 68,0 77, 5 75,0 88,0 84,0
Standar Deviasi 10,14 11,55 15,26 10,48 13,10 12,64

 

MAN 4 Kebumen T.P 2017/2018

  1. Program MIPA
Nilai Ujian Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Mata Pelajaran Pilihan
Fisika Kimia Biologi
Rata-rata 71.58 50.85 31.55 39.5 34.6 43.7
Terendah 48.0 22.0 12.5 25.0 25.0 22.5
Tertinggi 92.0 88.0 60.0 55.0 57.5 70.0
Standar Deviasi 8.64 12.91 9.95 7.99 10.65 9.65

 

  1. Program IPS
Nilai Ujian Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Mata Pelajaran Pilihan
Ekonomi Sosiologi Geografi
Rata-rata 65.0 44.1 28.4 48.1 53.2 62.2
Terendah 40.0 24.0 12.5 40.0 22.0 42.0
Tertinggi 84.0 78.0 50.0 65.0 86.0 80.0
Standar Deviasi 11.87 13.41 8.05 7.20 12.04 10.88

 

MAN 4 Kebumen T.P 2018/2019

 Program MIPA

Nilai Ujian Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Fisika Kimia Biologi
Rata-rata 75.3 51.7 38.5 44.3 45.0 53.8
Terendah 50.0 30.0 25.0 27.5 22.5 27.5
Tertinggi 92.0 86.0 62.5 72.5 57.5 87.5
Standar Deviasi 9.55 11.84 8.50 11.20 8.66 11.74

 

  1. Program IPS
Nilai Ujian Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Ekonomi Sosiologi Geografi
Rata-rata 66.8 42.8 36.1 49.1 53.6 55.6
Terendah 28.0 22.0 20.0 32.5 18.0 28.0
Tertinggi 94.0 70.0 62.5 70.0 82.0 72.0
Standar Deviasi 13.3 9.7 8.8 11.3 14.3 9.9

 

  • Peningkatan Kompetensi dan Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan

1.4.1 Peningkatan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Pendidik dan Tenaga kependidikan meliputi kepala madrasah, kepala tata usaha, guru, pengawas satuan pendidikan, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium,  teknisi,   tenaga   keamanan,  dan   tenaga   kebersihan   harus  memiliki kualifikasi akademik, dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik yang dimaksudkan adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Capaian kinerja ditinjau dari aspek standar pendidik dan tenaga kependidikan bisa dilihat dari aspek kekuatan dan kelemahan, berikut ini:

a.    Kekuatan:

  • Rasio jumlah guru dan bidang studi sudah sesuai;
  • Seluruh guru berkualifikasi S1 dari perguruan tinggi terakreditasi dan mengajar sesuai bidang S-1 atau peruntukan sertifikat pendidik yang dimilikinya;
  • Semua guru telah menentukan tujuan pembelajaran yang dibimbing;
  • Semua guru telah menghargai peserta didik tanpa membedakan suku, adat, daerah asal dan gender;
  • Guru dapat berkomunikasi secara efektif dan santun terhadap teman sejawat, orang tua, siswa dan seluruh warga Madrasah;
  • Beberapa guru sudah menyelesaikan pendidikan tingkat master (S2) baik negeri maupun swasta;
  • Beberapa guru telah memiliki ketrampilan IT dalam mendukung PJJ; dan
  • Kepala TU sudah memiliki sertifikat pelatihan Ka-TU.

b.    Kelemahan:

  • Masih sedikit guru yang memiliki karya pengembangan profesi;
  • Masih sedikit guru yang berprestasi dibidang akademik maupun non akademik;
  • Masih sedikit guru yang mampu melakukan inovasi pembelajaran;
  • Masih sedikit guru yang memiliki orientasi wawasan jauh ke masa depan;
  • Belum ada program beasiswa guru yang melanjutkan jenjang S2 dari lembaga;
  • Belum semua guru melakukan identifikasi potensi peserta didik (kemampuan dan kesulitan dalam mata pelajaran yang dibimbing);
  • Belum semua guru memahami teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang terkait dengan mata pelajaran yang dibimbing;
  • Belum semua guru menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang dibimbing;
  • Belum semua guru mampu memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik;
  • Belum semua guru mampu menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik kegiatan kelas, di laboratorium maupun di luar kelas;
  • Belum semua guru mampu mengembangkan instrumen penilaian evaluasi proses dan hasil belajar;
  • Belum semua guru mampu melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan;
  • Belum semua guru mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik;
  • Belum semua guru mampu mengembangkan materi pembelajaran yang dibimbing secara kreatif;
  • Belum semua  guru   dapat   melakukan                   penelitian           tindakan   kelas   untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang dibimbing;
  • Belum semua guru mempunyai sertifikat pendidik;
  • Jumlah guru pemegang ijazah strata 2 (S-2) masih sedikit;
  • Belum memiliki indikator baku untuk mengukur tagihan/tingkat keberhasilan guru;
  • Belum semua guru memiliki ketrampilan pedagogik dalam menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh;
  • Penyusunan program dan pelaksanaan supervisi akademik belum optimal; dan
  • Belum memiliki laboran/teknisi

Gambar 11

Pembinaan Guru dan tenaga Kependidikan

 

Gambar 12

FGD Guru dan Tenaga Kependidikan

 

Berikut ini data jumlah guru dan tenaga kependidikan MA Negeri 4 Kebumen:

Tabel 4

Jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2016 – 2020

 

No.

 

Guru dan Tendik

Tahun Ket.
2016 2017 2018 2019 2020
1 Guru PNS 20 20 21 21 21
 

2

 

Guru NON PNS

11 11 11 11 13
3 Tendik PNS 3 3 3 3 2
 

4

 

Tendik Non PNS

7 9 9 9 10
Jumlah 41 43 44 44 46

 

Tabel  5

Guru PNS dan Non PNS Sudah Sertifikasi Tahun 2016–2020

 

No.

 

Guru dan Tendik

Tahun Ket.
2016 2017 2018 2019 2020
1 Guru PNS 19 19 20 20 20
 

2

 

Guru NON PNS

3 3 3 3 3
Jumlah 22 22 23 23 23

  

Tabel  6

 

No.

Guru dan Tendik Tahun  

Ket.

2016 2017 2018 2019 2020
1 Guru PNS 1 1 1 1 1
 

2

Guru NON PNS 8 8 8 8 10
Jumlah 9 9 9 9 11

Guru PNS dan Non PNS Belum Sertifikasi Tahun 2016–2020

 

  • Dukungan Manajemen Pendidikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya
    • Pengembangan Standar Pengelolaan

Standar pengelolaan mencakup lingkup materi mencakup rumusan visi dan misi tujuan perencanaan dan pelaksanaan pengawasan program kerja MA Negeri 4 Kebumen. Capaian kinerja dalam peningkatan Standar pengelolaan pada saat ini.

Rumusan Visi, Misi dan tujuan MAN 4 Kebumendisesuaikan dengan Visi dan Misi Pemerintah dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Dalam penerapannya Rencana Kerja MAN 4 Kebumen(RKM) mengacu pada rumusan Visi, Misi dan Tujuan MAN 4 Kebumendisusun berdasarkan Rencana Kerja  Jangka Menengah Tahun 2021-2025 dan Rencana Kerja Tahunan.

Capaian kinerja MAN 4 Kebumendi tinjau dari aspek Standar Pengelolaan pada saat ini adalah:

  1. Penguatan program penerimaan peserta didik baru dengan:
    1. Pembuatan/cetak brosur/leaflet singkat madrasah PPDB;

Seleksi Penerimaan Peserta didik baru berpedoman pada prosedur PPDB yang dikeluarkan Kementerian Agama dan mempertimbangkan prosedur PPDB dari Kementerian Pendidikan

  1. Outing Class berupa kunjungan museum, ziarah ke makam wali dan ulama bagi siswa kelas VIII;
  2. Pembangunan citra positif madrasah dengan publikasi kegiatan, capaian prestasi, inovasi yang dilaksanakan, promosi, sosialisasi program, melalui:
    1. Web Kemenag Kab. Kebumen, Website, Facebook, Instagram, dan Youtube MAN 4 Kebumensetiap ada kegiatan dan prestasi yang diraih oleh Madrasah;
    2. Publikasi ke media cetak dan elektronik; dan
    3. Membuat kerja sama dengan media elektronik (Ratih-TV dan In-FM Radio ).
  3. Pembuatan/cetak banner/baliho info dan spanduk kegiatan;
  4. Penerbitan/penggandaan buletin madrasah dan pembuatan buku profil madrasah, buku album kegiatan madrasah;
  5. Menjalin kerjasama sister-school dengan SILN;
  6. Konsultasi-koordinasi kelembagaan penyelenggara pendidikan;
  7. Operasional dan penguatan peran komite;
  8. Rapat Evaluasi dan Koordinasi rutin pelaksanaan kegiatan;
  9. Ekspo potensi madrasah;
  10. Berkontribusi bermasyarakat dengan kegiatan sosial:
    1. Pemberian bantuan dana sosial lembaga lain;
    2. Operasional Kegiatan Sosial, Takziah dan lain-lain.
  11. Penyusunan program dan pelaporan masing-masing kegiatan ekstrakurikuler terprogram dengan baik;
  12. Penguatan dan pemberdayaan kompetensi pengurus OSIS (LDK) berjalan dengan efektif;
  13. Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler disesuaikan kondisi pada Madrasah dengan kreatifitas peserta didik dan terprogram dengan baik;
  14. Penyelenggaraan pembelajaran akhir tahun dalam kegiatan wisuda purna siswa dan Tahfidz belum optimal karena masa pandemi covid-19.
  15. Pembelajaran riset madrasah belum terlaksana dengan maksimal
  16. Pembelajaran literasi belum terlaksana dengan
  17. Ekstrakurikuler robotik memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang matang dengan menyiapkan SDM yang

 

1.5.2 Pengembangan Standar Sarana Prasarana

Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen sebagai salah satu Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Jawa Tengah, berupaya untuk melengkapi fasilitas dan sarana pendidikannya, sehingga dapat memenuhi tuntutan stakeholders akan kualitas proses dan layanan pendidikan yang diselenggarakannya. Hingga saat ini fasilitas sarana yang ada di MAN 4 Kebumen antara lain:

  • Laboratorium,
  • Komputer,
  • LCD pada beberapa kela,
  • Laptop,
  • Scanner,
  • Printer, dan

Prasarana akademik dapat dibagi dalam 2 (dua) kelompok, yaitu:

  1. Prasarana bangunan. Mencakup lahan dan bangunan gedung baik untuk keperluan ruang belajar, ruang kantor, ruang pimpinan, ruang guru, ruang multimedia, ruang rapat, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, fasilitas umum dan kesejahteraan, musala, dan;
  2. Prasarana umum berupa air, sanitasi, drainase, listrik, jaringan telekomunikasi, jaringan internet dan CCTV, transportasi, parkir, dan

Hingga saat ini MAN 4 Kebumen telah memiliki prasarana dan sarana yang cukup representatif guna menunjang penyelenggaraan proses pendidikan. Untuk madrasah diupayakan pengembangannya baik dalam kuantitas dan kualitas guna mendukung terwujudnya MAN 4 Kebumen menjadi lembaga pendidikan Islam yang unggul. Data prasarana yang dimiliki oleh MAN 4 Kebumenberupa ketersediaan lahan dapat dicermati dalam Tabel berikut:

Tabel 7

DATA SARANA DAN PRASARANA MA NEGERI 4 KEBUMEN

NO JENIS RUANGAN MILIK MADRASAH TOTAL
BAIK RUSAK RINGAN RUSAK BERAT JUMLAH LUAS – M2
JUMLAH LUAS – M2 JUMLAH LUAS – M2 JUMLAH LUAS -M2
1 R. KELAS 20 72 20 1440
2 R. TAMU 1 9 1 9
3 R. PERPUSTAKAAN 1 72 1 72
4 R. KEPALA SEKOLAH 1 9 1 9
5 R. WAKA MAD 0
6 R. GURU 2 72 2 144
7 R. TATA USAHA 1 42 1 42
8 R. LAB. IPA 1 72 1 72
9 R. LAB FISIKA 0
10 R. LAB BIOLOGI 0
11 R. LAB BAHASA 1 72 1 72
12 R. LAB KIMIA 0
13 R. UKS 1 18 1 18
14 R. PRAKTEK KOMP 1 72 1 72
15 R. KESENIAN 1 40 1 40
16 KOPERASI 1 24 1 24
17 KM/WC GURU/KARYAWAN 10 6 10 60
18 KM/WC SISWA 8 6 8 48
19 AULA 0
20 MUSHALA 1 132 1 132
21 ASRAMA 1 72 1 72
22 POS KEAMANAN 1 9 1 9
LUAS TANAH 7.936
LUAS TANAH UNTUK BANGUNAN 2.335
LUAS TANAN HALAMAN 375
LUAS TANAH UNTUK OR 4.546
TAMAN 182
LAIN-LAIN 498

 

1.5.3     Pengembangan Standar Pembiayaan

Capaian kinerja MAN 4 Kebumendi tinjau dari aspek Standar Pembiayaan pada saat ini adalah:

  1. Terwujudnya Laporan Keuangan yang transparan dan akuntabel ;
  2. Terlaksannya program kegiatan sesuai dengan Anggaran;
  3. Optimalisasi serapan anggaran BOS dan DIPA;
  4. Untuk kegiatan dan program yang tidak dapat di biayai oleh BOS maupun DIPA pembebanan anggaran dari dana masyarakat;
  5. Terlaksananya pembangunan asrama, perpustakaan, dan laboratorium terpadu bersumber dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN); dan
  6. Sosialisasi perubahan kebijakan dalam hal pembiayaan dilaksanakan pada kegiatan rapat kerja

Tabel 8

Realisasi Anggaran Satuan Kerja MAN 4 KebumenTahun 2016 – 2020

No Kegiatan Realisasi Pertahun (dalam prosentase)
2016 2017 2018 2019 2020
1 Belanja Pegawai (51) 98.60 100 99.10 99.92 100
2 Belanja Barang (52) 92.61 99.73 99.96 100 99.97
3 Belanja Modal (53) 91.42 98.25 99.89 72.87 99.86
4 Bantuan Sosial (57)
Rata-rata 97.58 99.83 99.27 99.12 99.98

 

Tabel 9

Evaluasi Ketercapaian program Kerja Tahun 2015 Bidang: KETATAUSAHAAN/KERUMAHTANGGAAN/PEMBIAYAAN

 

No

Kode Program/Kegiatan Rincian Kegiatan Indikator Keberhasilan % Keter capaian RAB (Rp) KETERANGAN
1 2129 Peningkatan Akses,Mutu,Kesejaht eraan dan Subsidi RA/BA dan Madrasah 045. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Madrasah Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang meningkat SDM nya 22.75 88.840.000 Terlaksana
047. Siswa MTs Penerima BOS Jumlah siswa MTs Penerima BOS sebanyak 777 siswa 99.99 777.000.000 Terlaksana
049. Siswa MTs Penerima Bantuan Siswa Miskin Jumlah Siswa MTs Penerima Bantuan Siswa Miskin sebanyak 100 siswa 100 75.000.000 Terlaksana
2 2135 Dukungan Manajemen Pendi- dikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya Pendidi-kan Islam 994. Layanan Perkantoran Jumlah Pegawai Yang Dibayarkan Gaji dan Tunjangannya

Jumlah Operasional Perkantoran

97.47 5.105.129.000 Terlaksana
Jumlah Total 97.58 6.045.969.000

 

Tabel 10

Evaluasi Ketercapaian program Kerja Tahun 2016 Bidang: KETATAUSAHAAN/KERUMAHTANGGAAN/PEMBIAYAAN

 

No

Kode Program/Kegiatan Rincian Kegiatan Indikator Keberhasilan % Keter capaian RAB (Rp) KETERANGAN
1 2129 Peningkatan Akses, Mutu, dan Relevansi Madrasah 013. Ruang Laboratorium Sarana dan Prasarana madrasah Sarana dan prasarana penunjang pendidikan madrasah berupa Ruang Laboratorium Komputer dalam kondisi baik 97.83 212.000.000 Terlaksana
025. Peralatan Laboratorium Komputer/ICT pada Madrasah Jumlah peralatan laboratorium komputer MTsN 1 Kebumen (Pembelian Server CBT) 99 100.000.000 Terlaksana
045. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Madrasah Tersedianya Buku Teks Siswa 75,78 10.360.000 Terlaksana
047. Siswa MTs Penerima BOS Jumlah siswa MTs Penerima BOS sebanyak 785 siswa 99.71 785.000.000 Terlaksana
049. Siswa MTs Penerima Bantuan Siswa Miskin Jumlah Siswa MTs Penerima Bantuan Siswa Miskin sebanyak 175siswa 100 131.250.000 Terlaksana
2 2135 Dukungan Manajemen Pendidikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya Pendidikan Islam 001. Layanan Manajemen Pendidikan Islam yang Bermutu Tercapainya Layanan Manajemen Pendidikan Islam yang Bermutu 99.97 183.223.000 Terlaksana
994. Layanan Perkantoran Jumlah Pegawai Yang Dibayarkan Gaji dan Tunjangannya

Jumlah Operasional Perkantoran

100 4.670.578.000 Terlaksana
Jumlah Total 99.83 6.036.211.981

 

 

Tabel 11

Evaluasi Ketercapaian program Kerja Tahun 2017 Bidang: KETATAUSAHAAN/KERUMAHTANGGAAN/PEMBIAYAAN

No Kode Program/Kegiatan Rincian Kegiatan Indikator Keberhasilan % Keter capaian RAB (Rp) KETERANGAN
1 2129 Peningkatan Akses, Mutu, dan Relevansi Madrasah 010. Ruang Kelas MTs yang dibangun Sarana dan prasarana penunjang pendidikan madrasah ( Ruang Kelas ) 99.96 197.000.000 Terlaksana
025. Peralatan Laboratorium Komputer/ICT yang di adakan pada Madrasah Jumlah peralatan laboratorium komputer MTsN 1 Kebumen (Server CBT) 99.99 50.000.000 Terlaksana
010. Sarana dan Prasarana Penunjang Pendidikan Madrasah yang ditingkatkan kualitasnya Sarana dan prasarana penunjang pendidikan madrasah dalam kondisi baik 99.73 75.000.000 Terlaksana
047. Siswa MTs Penerima BOS Jumlah siswa MTs Penerima BOS sebanyak 782 siswa 99.92 752.782.000 Terlaksana
049. Siswa MTs Penerima Bantuan Siswa Miskin Jumlah Siswa MTs Penerima Bantuan Siswa Miskin sebanyak 175 siswa 100 131.250.000 Terlaksana
994. Layanan Perkantoran Jumlah Guru PNS Bersertifikasi yang Dibayarkan Tunjangannya 99.89 1.625.000.000 Terlaksana
2 2135 Dukungan Manajemen Pendidikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya Pendidikan Islam 994. Layanan Perkantoran Jumlah Pegawai Yang Dibayarkan Gaji dan Tunjangannya Jumlah Operasional Perkantoran 98.83 3.383.426.000 Terlaksana
Jumlah Total 99.28 6.669.404.000

 

Tabel 12

Evaluasi Ketercapaian program Kerja Tahun 2018 Bidang: KETATAUSAHAAN/KERUMAHTANGGAAN/PEMBIAYAAN

No Kode Program/Kegiatan Rincian Kegiatan Indikator Keberhasilan % Keter capaian RAB (Rp) KETERANGAN
1 2129 Peningkatan Akses, Mutu, dan Relevansi Madrasah 047. Siswa MTs Penerima BOS Jumlah siswa MTs Penerima BOS sebanyak 812 siswa 99.19 862.000.000 Terlaksana
2 2133 Peningkatan Kompetensi dan Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah 994. Layanan Perkantoran Jumlah GuruPNS Bersertifikasi yang Dibayarkan Tunjangannya 100 1.586.364.300 Terlaksana
3 2135 Dukungan Manajemen Pendidikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya Pendidikan Islam 994. Layanan Perkantoran Jumlah Pegawai Yang Dibayarkan Gaji dan Tunjangannya

Jumlah Operasional Perkantoran

99.89 3.732.465.000 Terlaksana
Jumlah Total 99.12  

6.126.643.993

 

 

 

 

 

Tabel 13

 

No

Kode Program/Kegiatan Rincian Kegiatan Indikator Keberhasilan % Keter capaian RAB (Rp) KETERANGAN
1 2129 Peningkatan Akses, Mutu, dan Relevansi Madrasah 047. Siswa MTs Penerima BOS Jumlah siswa MTs Penerima BOS sebanyak 855 siswa 99.96 842.000.000 Terlaksana
069. Madrasah yang di Revitalisasi Sarana dan Prasarana Madrasah yang ditingkatkan Masa Manfaatnya 99.85 700.000.000 Terlaksana
2 2133 Peningkatan Kompetensi dan Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah 994. Layanan Perkantoran Jumlah Guru PNS Bersertifikasi yang Dibayarkan Tunjangannya 100 1.608.840.000 Terlaksana
3 2135 Dukungan Manajemen Pendidikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya Pendidikan Islam 994. Layanan Perkantoran Jumlah Pegawai Yang Dibayarkan Gaji dan Tunjangannya

Jumlah Operasional Perkantoran

100 4.302.789.000 Terlaksana
Jumlah Total 99.98 7.453.269.000

 

Evaluasi Ketercapaian program Kerja Tahun 2019

Bidang: KETATAUSAHAAN/KERUMAHTANGGAAN/PEMBIAYAAN