KONDISI MAN 4 KEBUMEN YANG DIHARAPKAN
A. Visi Madrasah
Perkembangan terkini dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat yang berpengaruh terhadap perubahan perilaku dan moral manusia; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat serta orang tua terhadap pendidikan memicu madrasah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. MAN 4 Kebumen memiliki karakter yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam visi madrasah berikut:
”Mencetak generasi berakhlak mulia, berprestasi, dan berdaya saing global berakar pada kearifan lokal” |
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita madrasah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, untuk melahirkan generasi rabbani yang berkarakter dan siap menghadapi persaingan global.
Indikator pencapaian visi:
- Unggul dalam berakhlak mulia yang berdasar pada nilai-nilai keagamaan dan budaya Jawa
- Terciptanya kelas-kelas bilingual bertaraf internasional dengan mengadaptasi kurikulum internasional
- Terciptanya pembelajaran berbasis riset dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dan teknologi digital
- Lulusan memasuki perguruan tinggi favorit nasional dan internasional
- Berprestasi pada kompetisi kejuaraan di berbagai tingkatan
- Peserta didik mengikuti program pertukaran pelajar
- Berkomunikasi secara aktif menggunakan Bahasa Inggris
- Memegang nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan
- Mengapresiasi dan melestarikan budaya lokal
- Peserta didik memiliki keterampilan vokasional dan kewirausahaan yang sesuai kebutuhan industri
- Madrasah memberikan kesempatan untuk kerja nyata
- Berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional
- Unggul dalam penerapan prinsip-prinsip sekolah hijau dan pendidikan lingkungan di kegiatan madrasah
- Pembelajaran yang didukung oleh fasilitas yang memadai
- Terjalinnya kerjasama dan komunikasi efektif dengan orang tua wali dan alumni
B. Misi Madrasah
Untuk mewujudkan visi tersebut, madrasah melakukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut:
- Mengembangkan Karakter dan Akhlak Mulia:
- Menerapkan pendidikan karakter yang berfokus pada nilai-nilai keagamaan dan moral yang praktis dan operasional sesuai kontek budaya lokal.
- Menyelenggarakan program pengembangan dan pembiasaan akhlak dan ubudiyah yang berkelanjutan.
- Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik:
- Melaksanakan kurikulum nasional dan terintegrasi dengan kurikulum internasional yang inovatif dan relevan.
- Melaksanakan pembelajaran berbasis riset yang membentuk nalar berpikir ilmiah peserta didik yang memanfaatkan lingkungan sekitar dan teknologi digital
- Mendampingi peserta didik masuk perguruan tinggi bergengsi dan berkelas dunia sesuai dengan potensi dan minatnya.
- Mengadakan program bimbingan dan pelatihan untuk mengikuti kompetisi nasional dan internasional.
- Memperkuat Daya Saing Global:
- Menyediakan akses ke program pertukaran pelajar dan kerjasama internasional.
- Menyelenggarakan kelas bilingual dan memperkuat penguasaan bahasa asing.
- Mengintegrasikan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran:
- Menerapkan pendidikan berbasis kearifan lokal dalam kurikulum sekolah.
- Mengadakan kegiatan yang mengapresiasi dan melestarikan budaya lokal.
- Memfasilitasi Keterampilan untuk Dunia Kerja:
- Menyediakan program pelatihan vokasional dan kewirausahaan yang sesuai dengan kebutuhan industri.
- Menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan industri untuk memberikan pengalaman kerja nyata.
- Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia:
- Memberikan pelatihan berkelanjutan bagi guru dan staf untuk meningkatkan kompetensi profesional.
- Mendorong partisipasi guru dalam konferensi dan seminar internasional
- Mendorong dan memfasilitasi peningkatan kompetensi dan prestasi guru nasional dan internasional.
- Menciptakan Lingkungan Belajar yang Berbudaya dan Ramah Lingkungan:
- Menerapkan prinsip-prinsip sekolah hijau dan pendidikan lingkungan dalam kegiatan sekolah.
- Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran berkelanjutan.
- Membangun Keterlibatan Komunitas dan Orang Tua:
- Menguatkan kemitraan dengan orang tua dan komunitas melalui program yang kolaboratif.
- Menyelenggarakan forum komunikasi yang efektif untuk membahas perkembangan dan kebutuhan belajar siswa.
C. Tujuan Madrasah
Tujuan adalah langkah-langkah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah/ madrasah. Tujuan dirumuskan untuk jangka waktu empat tahun kedepan berdasarkan hasil EDS/M untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP) atau Standar Pelayanan Minimal (SPM).
Adapun tujuan umum MAN 4 Kebumen pada tahun 2024/2025 – 2027/2028 dalam upaya mencapai delapan standar nasional pendidikan adalah sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia berlandaskan pada nilai-nilai keagamaan dan nilai moral yang praktis dan operasional sesuai kontek budaya lokal.
- Membentuk individu yang memiliki kompetensi dasar ajaran Islam, terbiasa mengamalkan dalam keseharian, dan memiliki jiwa dakwah.
- Menghasilkan lulusan yang cinta tanah air, memiliki wawasan kebangsaan, dan kemanusiaan.
- Menjadikan MAN 4 Kebumen sebagai madrasah unggulan dan agen perubahan (agent of changes) dalam pengembangan pembelajaran riset, sains, dan teknologi yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, serta berwawasan lingkungan.
- Menghasilkan lulusan yang cinta ilmu pengetahuan dan berdaya juang tinggi dalam mengembangkan potensi diri untuk mengokohkan jati diri yang mulia moralnya dan cerdas intelektualnya.
- Tersedianya akses dan meningkatnya jumlah peserta didik yang mengikuti program pertukaran pelajar dan kerjasama internasional.
- Meningkatnya proporsi lulusan yang diterima di perguruan tinggi favorit, negeri atau swasta, baik dalam negeri maupun luar negeri.
- Meningkatnya proporsi lulusan yang terserap di dunia kerja (bagi lulusan yang tidak melanjutkan kuliah), baik di dalam negeri maupun luar negeri.
- Meningkatnya keterampilan dan daya saing siswa dalam dunia kerja.
- Meningkatnya persentase lulusan yang menguasai bahasa asing secara aktif.
- Tumbuhnya kesadaran dan meningkatnya rasa bangga terhadap nilai-nilai kearifan lokal.
- Tersedianya wadah bagi siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan potensi dibidang seni budaya lokal.
- Meningkatnya kompetensi literasi dan numerasi peserta didik.
- Memiliki tim jurnalistik yang handal dan produktif.
- Memiliki SDM yang tangkas, sehat, dan agamis, serta menguasai teknologi.
- Memiliki tim olimpiade mata pelajaran yang mampu meraih kejuaraan di berbagai tingkatan.
- Memiliki tim Riset yang mampu meraih kejuaraan di berbagai tingkatan.
- Memiliki tim Seni yang mampu meraih kejuaraan di berbagai tingkatan.
- Memiliki tim Keterampilan yang mampu meraih kejuaraan di berbagai tingkatan.
- Memiliki atlet dan tim Olahraga yang mampu meraih kejuaraan di berbagai tingkatan.
- Memiliki tim Bahasa Asing yang mampu meraih kejuaraan di berbagai tingkatan.
- Terciptanya lingkungan belajar yang aman, sehat, dan berbudaya, serta ramah lingkungan.
- Tersedianya sarana dan prasarana pendukung pembelajaran yang memadai, nyaman, dan berkelas.
- Tersedianya sarana dan prasarana pendukung kegiatan kesiswaan yang memadai, nyaman, dan berkelas.
- Tersedianya sarana dan prasarana pendukung kinerja guru serta pegawai yang memadai, nyaman, dan berkelas.
- Tersedianya sarana dan prasarana umum bagi warga madrasah yang memadai, nyaman, dan berkelas.
- Meningkatnya motivasi guru dan tenaga kependidikan dalam kompetensi profesional baik secara mandiri, pelatihan, maupun kompetisi.
- Meningkatnya profesionalisme guru dan tenaga kependidikan sebagai upaya peningkatan pelayanan prima kepada stakeholder dan mewujudkan generasi yang siap bersaing dalam kehidupan Abad 21.
- Meningkatnya partisipasi guru dalam konferensi dan seminar internasional.
- Meningkatnya partisipasi dan prestasi guru dalam kompetisi provinsi, nasional, dan internasional.
- Meningkatnya dukungan stakeholder yang menjalin kemitraan dalam rangka peningkatan mutu manajemen, kualitas proses dan output pendidikan.
C. Sasaran dan Indikator Kinerja Madrasah
Sasaran adalah tantangan utama atau rekomendasi dari hasil EDS/M yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu empat tahun ke depan. Penetapan sasaran sekolah/madrasah ini bertujuan untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.
Indikator kinerja adalah ukuran yang digunakan untuk menilai berhasil atau tidaknya suatu kegiatan yang telah dilakukan untuk mencapai sasaran. Apabila indikator kinerja telah dapat dicapai, maka sasaran tersebut dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator kinerja belum dapat dicapai, maka sasaran dapat dikatakan belum dapat dicapai. Indikator harus ditentukan agar kegiatan yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya dalam mencapai sasaran.
PERENCANAAN PROGRAM MADRASAH UNGGULAN (Klik Disini)