TARGET KINERJA DAN KERANGKA PENDANAAN

3.1          Target Kinerja

Dalam rangka menjalankan tujuan dan sasaran kegiatan tersebut di atas, pada tahun 2021 MAN 4 Kebumen Provinsi Jawa Tengah melalui 1 program yakni Program Pendidikan Islam. Sementara itu, mulai tahun 2021 MAN 4 KebumenJawa Tengah menjalankan arah kebijakan tersebut menjadi 2 (dua) program, yaitu :

  1. Program Dukungan Manajemen,
  2. Program Paud dan Wajib Belajar 12

Adapun rincian kegiatan dalam pelaksanaan Program dimaksud, yaitu :

  1. Pengelolaan dan Pembinaan Pendidikan Madrasah;
  2. Dukungan Manajemen Pendidikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya Pendidikan Islam. Selanjutnya untuk  mendukung  tercapainya  keberhasilan  program-program dimaksud,

MAN 4 Kebumen Provinsi Jawa Tengah menetapkan 3 (tiga) tujuan dan telah dilengkapi dengan 26 sasaran kegiatan, yang merupakan kondisi yang ingin dicapai secara nyata oleh MAN 4 Kebumen dalam 5 (lima) tahun ke depan, seperti yang tertera pada BAB II. Adapun untuk mengetahui tingkat keberhasilan pencapaiannya, setiap Sasaran Kegiatan diukur dengan menggunakan Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan sebagai berikut:

Tabel 15

Sasaran Kegiatan dan Indikator Kinerja pada MA Negeri 4 Kebumen

Kode SK  

Sasaran Kegiatan

 

Indikator Kinerja

 

Satuan

Kondisi Awal/Baseline (2019) Target Kinerja (2024) Penanggungjawab Pelaksanaan Kegiatan
SK.9 Menguatnya muatan moderasi beragama dalam mata pelajaran agama Persentase siswa di madrasah yang memperoleh pendidikan agama yang bermuatan moderasi beragama Persen 75 100 Waka Kurikulum
Persentase guru di madrasah yang dibina dalam moderasi beragama Persen 80 100 Waka Kurikulum
Jumlah kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di madrasah yang bermuatan moderasi beragama kegaiatan 80 100 Waka Kesiswaan
SK.25 Meningkatnya kualitas penerapan kurikulum dan pola pembelajaran inovatif Persentase madrasah yang menerapkan kurikulum yang berlaku Persen 80 100 Waka Kurikulum
Persentase Madrasah melaksanakan program keagamaan Persen 80 100 Waka Kurikulum
SK.26 Meningkatnya                         kualitas penilaian pendidikan Persentase guru madrasah yang dinilai kinerjanya sebagai dasar penetapan tunjangan Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Jumlah penghargaan bagi guru dan tenaga kependidikan pada madrasah Orang 75 100 Kepala Tata Usaha
Jumlah                     penyelenggaraan           asesmen kompetensi siswa di madrasah Kegiatan 90 100 Waka Kurikulum
Persentase   siswa   yang   mengikuti asesmen

kompetensi di madrasah

Persen 90 100 Waka Kurikulum

 

SK.27 Meningkatnya penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem pembelajaran Persentase madrasah yang menerapkan TIK untuk e-pembelajaran Persen 50 80 Waka Kurikulum
Persentase mata pelajaran yang  menggunakan bahan belajar berbasis TIK untuk e-pembelajaran Persen 50 100 Waka Kurikulum
SK.28 Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana pendidikan Persentase sarana yang memenuhi SPM sarana prasarana Persen 75 95 Waka Sarpras
SK.29 Meningkatnya pemberian bantuan pendidikan bagi anak kurang mampu, daerah afirmasi, dan berbakat Jumlah siswa penerima BOS  pada Madrasah Siswa 97 100 Kepala Tata Usaha
Persentase siswa penerima PIP Persen 40 50 Waka Kesiswaan
SK.32 Meningkatnya kualitas pendidik dan tenaga kependidikan Persentase guru madrasah yang lulus sertifikasi Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase tenaga kependidikan madrasah yang memperoleh peningkatan kompetensi Persen 70 90 Kepala Tata Usaha
Persentase kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi Persen 90 100 Kepala Tata Usaha
SK.33 Terpenuhinya jumlah guru dan  tenaga kependidikan

sesuai    dengan             standar

Persentase guru yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal Persen 90 100 Waka Kurikulum

 

minimal
Persentase tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.34 Meningkatnya kualitas pendidikan profesi guru melalui                peningkatan kualifikasi pendidik Persentase Guru Madrasah yang mengikuti PPG Persen 90 100 Kepala Tata Usaha
SK.36 Menguatnya                         kapasitas dan akselerasi akreditasi Madrasah        yang                       difasilitasi                       dalam meningkatkan status akreditasi Persen 90 100 Kepala Tata Usaha
SK.37 Meningkatnya                            budaya mutu pendidikan Madrasah yang menerapkan budaya mutu Persen 70 90 Waka Humas
Persentase siswa madrasah yang mengikuti kompetisi nasional maupun internasional Persen 0,10 20 Waka Kesiswaan
SK.38 Meningkatnya budaya belajar dan lingkungan madrasah                           yang

menyenangkan                             dan bebas dari kekerasan

Persentase madrasah yang mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran Persen 70 90 Waka Kurikulum
Persentase madrasah yang ramah anak Persen 70 90 Waka Kesiswaan
SK.39 Meningkatnya kepeloporan                dan kesukarelawanan pemuda dan                pengembangan pendidikan keperamukaan Jumlah organisasi siswa ekstrakurikuler pada madrasah yang dibina kepeloporan dan kesukarelawanan Kegiatan 75 95 Waka Kesiswaan

 

SK.42 Meningkatnya kualitas pengelolaan                          ASN (pengadaan, penempatan, pembinaan                                            dan pengembangan pegawai) Persentase dokumen perencanaan ASN yang sesuai kebutuhan satuan kerja Persen 70 100 Kepala Tata Usaha
Persentase           laporan                          permasalahan kepegawaian di bidang kode etik, disiplin, pemberhentian dan pensiun yang ditandaklanjuti Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase ASN yang memiliki nilai indeks professional berkategori sedang (minimum 71) Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase    ASN    yang                     memenuhi                     syarat

leveling kompetensi jabatannya

Persen 20 50 Kepala Tata Usaha
Persentase data  ASN yang diupdate Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.43 Meningkatnya pengelolaan                      manajemen keuangan yang                    tertib sesuai dengan ketentuan Jumlah laporan keuangan semester I dan semester II yang sesuai standar dan tepat waktu Laporan 90 100 Kepala Tata Usaha
Persentase satuan kerja yang telah menerapkan Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK) Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase realisasi pelaksanaan anggaran yang optimal Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase penyelesaian Kerugian Negara pada Kementerian Agama Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.44 Meningkatnya Persentase   nilai   Barang   Milik  Negara yang Persen 80 100 Kepala Tata Usaha

 

pengelolaan BMN yang akuntabel ditetapkan       status                       penggunaan                       dan pemanfaatannya
Persentase tanah yang bersertifikat Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase nilai Opname Physic (OP)BMN Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.45 Meningkatnya kualitas penataan dan penguatan manajemen organisasi Persentase satuan organisasi/kerja yang menetapkan dan mengevaluasi standar operasional prosedur berdasarkan peta proses bisnis; Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase laporan kinerja satuan organisasi yang dievaluasi; Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase administrasi hasil pengawasan yang ditindaklanjuti Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.46 Meningkatnya kualitas penerapan Reformasi Birokrasi Persentase satuan kerja yang telah dilakukan evaluasi implementasi Reformasi Birokrasi; Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Jumlah    satuan   kerja    yang              dibina   dalam peningkatan zona integritas; Satuan kerja 80 100 Kepala Tata Usaha
Jumlah agen perubahan yang dibina untuk mengimplementasikan program kerja Satuan kerja 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.47 Meningkatnya kualitas perencanaan                        dan anggaran Persentase output perencanaan yang berbasis data; Kegiatan 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase keselarasan muatan Renja dengan Renstra; Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase    perencanaan                     kerjasama                     yang ditindaklanjuti Persen 80 100 Waka Humas

 

SK.48 Meningkatnya kualitas pemantauan dan evaluasi perencanaan                           dan anggaran Persentase       laporan                        capaian                        kinerja perencanaan dan anggaran yang berkualitas; Kegiatan 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase rekomendasi pemantauan, evaluasi, dan pengendalian rencana pembangunan nasional yang ditindaklanjuti. Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.49 Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana kantor Persentase          pemenuhan                          kebutuhan prasarana kantor sesuai standar Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.50 Meningkatnya kualitas pengelolaan                         tata persuratan, arsip dan layanan                pengadaan barang jasa Persentase surat masuk yang ditindaklanjuti secara tepat waktu; Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase dokumen yang dikirim secara elektronik; Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase surat yang diarsipkan dalam e- dokumen; Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase menurunnya lelang gagal; Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
Persentase      menurunnya                      sanggah                      dan sanggah banding Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.51 Meningkatnya                    kualitas pelayanan     umum                    dan

rumah tangga

Persentase      kepuasan                      pelayanan                      tamu pimpinan Persen 80 100 Kepala Tata Usaha
SK.52 Meningkatnya kualitas layanan             hubungan masyarakat dan informasi Jumlah pemberitaan capaian program dan pelaksanaan kegiatan yang dipublikasi; Kegiatan 80 100 Waka Humas
Persentase     pemberitaan     negatif    tentang Kementerian Agama yang dicounter Persen 80 100 Waka Humas
SK.53 Meningkatnya       kualitas data dan sistem informasi Jumlah standar; sistem informasi yang memenuhi Dok 80 100 Waka Humas
Persentase data agama dan pendidikan yang valid, dan reliable Dok 80 100 Waka Humas
SK.54 Meningkatnya administrasi keagamaan kualitas pendidikan Guru, Pegawai PNS yang memperoleh gaji, tunjangan dan operasional Org 59 59 Kepala Tata Usaha

 

3.1      Kerangka Pendanaan

Rencana kebutuhan anggaran Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen dalam 5 (lima) tahun kedepan menggunakan jenis sumber dana Rupiah  Murni, namun demikian tidak menutup kemungkinan dapat menggunakan jenis sumber dana lain, seperti Surat Berharga Syariah Negara, Dana Hibah BOP (APBD), Komite . Rencana  kebutuhan anggaran ini di alokasikan untuk seluruh program diLingkungan Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen. Adapun indikasi kebutuhan pendanaan pada Tabel  sesuai dengan nama program.

Tabel 16

Indikasi Kebutuhan Pendanaan MAN 4 Kebumen Tahun 2021-2025

 

No.             Kegiatan Indikasi Kebutuhan Pendanaan (dalam ribuan)
2021 2022 2023 2024 2025 Total
 

 

1

Pengelolaan dan Pembinaan Pendidikan Madrasah
 

 

 

2

Dukungan Manajemen Pendidikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya Pendidikan Islam
Total