SOSIALISASI DAN PELATIHAN
E-LEARNING MADRASAH

Kamis, 09 Juli 2020

Oleh : HARYONO, S.PdGuru MAN 4 Kebumen

A. SEKILAS INFO ELEARNING 

Pembelajaran Menggunakan Sistem E-learning


Sampai sekarang masih belum ada standard yang baku baik dalam hal definisi maupun implementasi e-learning. Hal ini menjadikan banyak orang mempunyai konsep yang bermacam-macam.

Pemahaman e-learning kurang lebih pengiriman materi pembelajaran melalui suatu media elektronik seperti Internet, intranet/extranet, satelit, broadcast, audio/video tape, interactive TV, CDROM, dan computer-based training (CBT).

E-learning sebagai penggunaan teknologi elektronik untuk mengirim, mendukung, dan meningkatkan pengajaran, pembelajaran dan penilaian. Jadi e-learning adalah bagian dari pembelajaran jarak jauh, sedangkan pembelajaran on-line adalah bagian dari elearning, sementara itu pembelajaran on-line adalah bagian dari pembelajaran berbasis teknologi yang memanfaatkan sumber daya internet, intranet, dan extranet. Begitu juga pembelajaran berbasis media HP merupakan bagian dari e-learning. (https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/)

FUNGSI E-LEARNING

KETERANGAN

  1. Suplemen (Tambahan)
  2. Komplemen (Pelengkap)
  3. Substitusi (Pengganti)

FUGSI SUPLEMEN

Sebagai supplemen (tambahan), apabila peserta didik mempunyai kebebasan memilih, apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. Dalam hal ini, tidak ada kewajiban/keharusan bagi peserta didik untuk mengakses materi pembelajaran elektronik. Sekalipun sifatnya opsional, peserta didik yang memanfaatkannya tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan.

FUGSI KOMPLEMEN

Dikatakan sebagai komplemen (pelengkap) pembelajaran konvensional, apabila materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima siswa di dalam kelas (Lewis, 2002).

Sebagai komplemen berarti materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) atau remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional.

FUGSI SUBTITUSI

Beberapa perguruan tinggi di negara-negara maju memberikan beberapa alternatif model kegiatan pembelajaran/perkuliahan kepada para mahasiswanya. Tujuannya agar para mahasiswa dapat secara fleksibel mengelola kegiatan perkuliahannya sesuai dengan waktu dan aktivitas lain sehari-hari mahasiswa.

 B. MEMBUKA HALAMAN WEBSITE E-LEARNING MAN 4 KEBUMEN

Halaman website e-learning MAN 4 KEBUMEN dapat diakses melalui link berikut:

https://elearningman4kebumen.sch.id/daring

Akan muncul tampilan awal dari website e-learning madrasah, sbb.

C. LOGIN SEBAGAI GURU

Setelah terdaftar di aplikasi, guru dapat login di aplikasi menggunakan NUPTK atau NIK dan password  yang diperoleh di operator madrasah. Berikut merupakan langkah-langkah login ke aplikasi:

  1. Buka halaman website E-learning
  2. Masukkan NUPTK atau NIK dan password ke form yang tersedia
  3. Klik “Login E-Learning

Setelah login, tampilan awalnya adalah :

Gambar Tampak di PC/Laptop

Gambar Tampak di Android/HP

Terdapat panduan pengguna yang akan memudahkan guru yang baru saja login aplikasi. Untuk mendapatkan panduan secara lengkap, klik “Selanjutnya” dan untuk melewati panduan, klik “Lewati”

C. FITUR-FITUR MENU YANG DAPAT

Forum Madrasah   Menu ini berguna sebagai Media Sosialnya Madrasah . Dalam fitur ini, anda dapat berkomunikasi dan berbagi informasi dengan guru dan siswa di MAN 4 KEBUMEN

Ruang Kelas   Menu ini berfungsi untuk membuat kelas baru. Kelas yang anda buat akan diikuti siswa yang harus anda ajar dalam satu semester dan tahun ajaran aktif

Kalender Akademik   Menu ini menyajikan kalender akademik dalam satu ajaran. Anda dapat melihat agenda-agenda madrasah pada menu ini.

Guru Berbagi   Menu ini berguna sebagai wadah untuk berbagi ide atau gagasan serta materi pembelajaran. Materi yang anda bagikan dapat dipelajari oleh guru madrasah dan siswa seluruh Indonesia

Komunikasi   Menu ini dapat digunakan untuk berinteraksi dengan guru lain dan mengirim pesan pribadi ke guru lain

Ruang Kelas Anda   Panel ini merupakan fitur yang berguna untuk masuk ke ruang kelas yang telah anda buat

Berbagi Ide dan Gagasan   Fitur ini dapat digunakan untuk berbagi ide dan gagasan. Anda dapat mem-posting gagasan anda, lalu guru lain dan siswa madrasah dapat berkomentar di dalam postingan anda.

Daftar Siswa   Pada panel ini anda dapat melihat seluruh siswa di madrasah anda

Daftar Guru   Panel ini dapat digunakan untuk melihat seluruh guru di madrasah anda

Lihat Profil Anda   Menu ini dapat digunakan untuk memperbaharui profil dan password akun E-learning anda

Demikian sekilas materi bintek dan sosialisasi E-learning MAN 4 Kebumen

Untuk materi Lebih Lengkap silahkan download disini : 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *