SEGENAP CIVITAS AKADEMIKA MAN 4 KEBUMEN MENGUCAPKAN DIRGAHAYU HARI AMAL BHAKTI KE-75 KEMENTERIAN AGAMA RI 03 Januari 1946 – 03 Januari 2021 “INDONESIA RUKUN”

SAMBUTAN KEPALA MAN 4 KEBUMEN, H. SUNARYO, S.Pd. M.M. 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hari Minggu (3/1/2021) kita sebagai ASN maupun elemen Kementerian Agama memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-75 Tahun 2021.

Kementerian Agama dibentuk pada tanggal 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi. Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan. Sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan, Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam UUD 1945 pasal 29 menegaskan bahwa, Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa, dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agamanya  dan kepercayaannya itu.

Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-75 ini membuat kita memahami bahwa, Kementerian Agama ini merupakan jajaran terdepan yang selalu berbuat untuk kepentingan umat, sehingga apa yang menjadi tema dari pada Kementerian Agama “Indonesia Rukun”, merupakan tema yang sangat tepat sekali di Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-75 ini.

Tema ini menegaskan kembali komitmen kita untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan, sesuai dengan visi dan misi Pemerintah

Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ini merupakan refleksi rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. Kita Semua bisa sampai seperti saat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu.

Sejalan dengan itu, MAN 4 Kebumen sebagai bagian dari Kementerian Agama selalu berjuang keras dalam membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental generasi muda yang baik. Meski pembangunan fisik juga dilakukan seperti menambah lokal, membangun taman, pengadaan green house dll, namun itu dalam rangka menunjang pembangunan jiwa, karena MAN 4 Kebumen menjalankan fungsi pendidikan dalam rangka menghasilkan siswa siswi, dan generasi muda yang sholeh dan sholehah.

Upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama di MAN 4 Kebumen, akan dilaksanakan pada hari selasa, 5 Januari 2020 dengan sederhana dan terbatas, menyesuaikan dengan suasana pandemik covid-19.

Dirgahayu Kementerian Agama RI yang ke-75

Semoga selalu dalam lindungan dan rakhmat dari Allah SWT

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *