DISEMINASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI MEDIA

Oleh : Yuhana, S.Ag. dan Haryono, S.Pd.

Dalam rangka mensukseskan program madrasah digital, maka kegiatan Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di MAN 4 Kebumen yang disampaikan oleh narasumber merangkap moderator Yuhana, S.Ag. dan Haryono, S.Pd.  ini sangat penting. Diseminasi ini bisa menjadi spirit kepada para guru untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis digital ujar kepala MAN 4 Kebumen, H. Muhamad Siswanto,M.Pd.I. dalam acara sambutan tersebut.

Dalam tata kelola madrasah digital yang terdiri dari 8 (delapan)  komponen yaitu :

  1. Sistem informasi personalia dan peserta didik,
  2. Sistem informasi akademik
  3. Sistem pembelajaran e-learning
  4. Sistem informasi perpustakaan (e-library)
  5. Sarana dan Prasarana
  6. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  7. Pembiayaan
  8. Penilaian Hasil Belajar

Media pembelajaran berbasis digital adalah bagian dari beberapa elemen penting program madrasah digital di atas yakni sistem pembelajaran e-learning (lihat juga: https://man4bumen.sch.id/elearningman4kebumen dan MAN 4 Kebumen menuju madrasah digital) meliputi aspek:
a. Kurikulum
b. Konten (berbasis digital atau multimedia) terdiri dari bahan atau sumber belajar, tugas atau worksheet, diskusi atau chat, dan tes atau ujian
c. Desain pembelajaran
d. Aktifitas pembelajaran
e. Teknologi

Dalam kata pengantarnya, Haryono, S.Pd. menjelaskan bahwa penguasaan media pembelajaran berbasis digital bagi guru madrasah adalah sebuah keharusan sejarah. Revolusi 4.0 melahirkan pilar-pilar teknologi baru yang mengubah sistem sosial, ekonomi, dan politik. Pilar-pilar teknologi tersebut, yaitu internet of thinks (IoT), big data, cloud computing, rekayasa genetika, kecerdasan buatan, 3D printing, keamanan basis data digital, otomatisasi robotik, dan lain sebagainya.

Pada acara diseminasi itu hanya disampaikan tiga tema dasar dalam media pembelajaran berbasis digital sesuai hasil diklat di Hotel Mixolie Kebumen selama dua pekan, yakni Aplikasi pengolah Kata, dan Data,  Pembuatan presentasi Multimedia dan Pembuatan Video pembelajaran. Karena waktunya sangat singkat maka penyaji hanya menyampaikan hal-hal yang penting dan teknis saja, karena yakin materi itu sudah tidak asing lagi bagi guru-guru MAN 4 Kebumen, terutama yang masih muda. Karena penguasaan terhadap teknologi multimedia ini diperlukan latihan  yang kontinue,  harus berani mencoba jangan takut salah,   dan tekun itulah resepnya, kata penyaji dipenghujung acara tersebut (red.hry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *