Dalam pekan terakhir  bulan Agustus 2021 ini, masih dalam situasi Pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat Level 2-4 yang diperpanjang hingga 6 September 2021.  Tidak menyurutkan siswa MAN 4 Kebumen dalam mengukir prestasi di pentas Nasinal.  Dalam ajang  Olympic Science Competition, yang diselenggarakan  oleh Mercury Education Centre,  22 Agustus 2021, Dea Aulia (Geografi), berhasil meraup medali emas. Amalia Safrida (Astronomi), Anggi Oktafia (Geografi),  dan Nada Aristawidya Putri (Kebumian) meraup  medali perunggu. Tidak hanya itu satu hari sebelumnya, yakni tanggal 21 Agustus , siswa MAN 4 Kebumen juga berhasil mengkantongi medali perunggu dalam ajang  Olimpiade Numerasi Nasional (ONN), penyelenggara POSI, siswa tersebut adalah  Aliya Rizki Rahmawati dan Rini Eka Wahyuni ujar Diah Erni Ekawati, S.Pd. disela-sela kesibukannya  sebagai Pembina dan Pembimbing  Siswa Berprestasi.

Satu hal yang patut dibanggakan  dan menciptakan sejarah baru  bagi Siswa MAN 4 Kebumen, yakni atas nama Abimanyu Muwafiq, dengan judul penelitian, Hubungan Peran Keluarga terhadap Kesembuhan ODGJ,  lolos dalam Lomba karya tulis ilmiah siswa madrasah berbasis riset bagi siswa MA. Bidang lomba Ilmu Sosial dan Humaniora Kompetisi Madrasah Young Resarch Super Camp (MYRES)   2021, yang digelar oleh Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Panitia Madrasah Young Reseachers Supercamp (Myres) 2021 Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Tahun 2021 telah menyelesaikan berbagai tahap penilaian proposal dari 7.700 pendaftar hingga terpilih 300 proposal yang berhak ikut tahap presentasi dan kini telah diumumkan siapa-siapa saja yang lolos memasuki bimbingan dan pendampingan.

Ada sejumlah indikator penilaian proposal penelitian, mulai dari orisinalitas gagasan, kreativitas dan kekinian, relevansi teori dan kajian pustaka, metode penelitian dan kebermanfaatan, serta koherensi dan teknik penulisan.lihat dalam Kaldera News

Peserta yang proposalnya terpilih ke dalam 300 besar pun sudah mempresentasikan materi dan bidang penelitiannya di hadapan dewan juri pada 25-27 Agustus 2021

 

Siapa saja mereka? Berikut ini daftar lengkap Peserta Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) Tahun 2021 yang terpilih untuk mengikuti tahap Bimbingan dan Pendampingan klik : Siswa Lolos Myres 2021

Satu-satunya Madrasah Aliyah (MA)  dari wilayah Jawa Tengah bagian Selatan (baca : eks Karisidenan Kedu dan Banyumas) lolos 15 besar  bersama tujuh MA lainnya se-Jawa Tengah. Bapak Ibu Guru dan Pegawai… Kami mohon untuk semuanya secara sinergis ikhtiar dhohir dan batin untuk madrasah kita tercinta, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap dia dan usaha kita, Aamiin Ya Mujibassailiin. Demikian harapan dan Do’a dari Waka Humas MAN 4 Kebumen, Yuhana, S.Ag melalui media virtual. Peserta yang lolos akan mengikuti sosialisasi Bimbingan dan Pendampingan Madrasah Riset/MYRES secara virtual pada tanggal 4 September 2021. Bimbingan dan pendampingan akan dilaksanakan pada tanggal 10 September-27 Oktober 2021.

Myres adalah kompetisi yang digelar Kemenag untuk menumbuhkan budaya meneliti di kalangan siswa madrasah. Selain itu, Myres bertujuan mengembangkan potensi intelektual siswa madrasah, sekaligus mendorong pencapaian hasil penelitian mereka yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif. Ajang ini kali pertama digelar tahun 2018. (ed.Hry)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *