Kunjungan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Penma) Jawa Tengah, Bapak Drs. H. A. Saefulloh, M.Ag ke Madrasah Aliyah Negeri 4 (MAN 4) Kebumen pada Kamis, 16 Desember 2021 menjadi salah satu kado akhir tahun yang sangat berkesan bagi segenap Keluarga Besar MAN 4 Kebumen. Apalagi kunjungan tersebut bertujuan untuk meninjau secara langsung keberadaan Kelas Digital yang menjadi fokus MAN 4 Kebumen dalam memberikan layanan pendidikan yang lebih modern kepada masyarakat.

Dalam kunjungannya hari itu, Bapak Saefulloh tidak hanya menyaksikan dari dekat sarana dan prasarana digital apa saja yang ada di MAN 4 Kebumen. Namun beliau juga dengan seksama memperhatikan bagaimana mengoperasionalkan perangkat digital untuk pembelajaran yang ditunjukkan langsung oleh Bapak Rindang Bachtiar, S.Pd. Bahkan, dari pantauan Redaksi E-Mantab, Kabid Penma tersebut juga mencoba mengoperasionalkan fiture apa saja yang ada dalam kelas digital MAN 4 Kebumen.

“MAN lain harus belajar ke sini terkait bagaimana membangun kelas digital itu,” kurang lebih seperti itulah salah satu tanggapan dan sekaligus kesan Bapak Saefulloh setelah mempraktikkan secara langsung penggunaan perangkat digital untuk pembelajaran. Atas tanggapan tersebut, Kepala MAN 4 Kebumen, Bapak H. Muhamad Siswanto, M.Pd.I menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran dan tanggapan Kabid Penma terhadap sarana kelas digital yang dibangun di MAN 4 Kebumen.

“Respon Bapak Kabid Penma menjadi motivasi bagi kita untuk terus mengembangkan kelas digital di MAN 4 Kebumen ini. Karena itu saya berharap semua guru meningkatkan keterampilannya dalam menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran digital karena kita sudah menyiapkan sarananya. Apalagi saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan dengan sangat mudah,” demikian penuturan Bapak Siswanto yang disampaikan di hadapan para guru, pegawai dan karyawan pada hari Jum’at keesokan harinya dalam acara doa bersama di Masjid Al-Ikhlas MAN 4 Kebumen.

Di samping menyiapkan perangkat-perangkat digital untuk dipasang di semua kelas, Bapak Siswanto juga berharap bahwa ketika semua kelas sudah terdigitalisasi, MAN 4 Kebumen dapat melakukan kolaborasi pembelajaran dengan berbagai sekolah di seluruh Indonesia. “Karena itu kita akan perbaiki jaringan internet kita karena itu nafasnya kelas digital. Kalau jaringan sudah bagus, guru bisa saling melakukan kolaborasi secara online dengan kelas-kelas lain di selurh Indonesia, khususnya di Jawa Tengah ini.”

Kelas digital memang menjadi salah satu program yang terus dikembangkan di MAN 4 Kebumen. Hal itu didasarkan dari semakin massifnya penggunaan perangkat digital di hampir semua segmen kehidupan. Meskipun bagi sebagian sekolah keberadaan kelas digital ini mungkin dianggap sebagai hal baru, namun pada dasarnya tidak sedikit sekolah-sekolah favorit di dunia yang sudah lama mendirikan kelas-kelas digital.

Dengan dibangunnya kelas digital ini, MAN 4 Kebumen semakin maju serta memberikan banyak inspirasi dan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya kepada para pelajar MAN 4 Kebumen. Demikian harapan Kepala MAN 4 Kebumen di akhir . sambutannya dalam acara doa bersama tersebut.(@PapiRose)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *