Akhirnya kita tiba pada Desember. Menjelang detik-detik menuju Januari baru di tahun berikutnya, tentu banyak catatan panjang untuk diceritakan tentang apa saja yang sudah kita lakukan sejak Januari lalu hingga penghujung Desember tahun ini. Namun tulisan ini tidak bermaksud menceritakan semuanya, melainkan hanya ingin memotret bagaimana perjalanan MAN 4 Kebumen sejauh ini sampai menorehkan ratusan prestasi di berbagai ajang kompetisi mulai dari tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Patut dicatat bahwa hingga tulisan ini dibuat, MAN 4 Kebumen telah berhasil menorehkan sekitar 443 medali penghargaan dari berbagai ajang kompetisi yang sifatnya akademik maupun non-akademik selama periode Januari-Desember 2021. Mungkin awalnya tidak ada yang mengira kalau MAN 4 Kebumen akan sejauh itu membuat lompatan-lompatan dalam mendulang prestasi. Di bawah kepemimpinan Bapak H. Muhamad Siswanto, M.Pd.I, berikut kerjasama yang harmonis antara para Waka dan para guru, raihan demi raihan prestasi yang dipersembahkan putera-puteri MAN 4 Kebumen seakan terus meningkat dari hari ke hari.

Melihat pretasi yang diraih anak-anak MAN 4 Kebumen yang grafiknya insya Allah akan terus menanjak naik itu, kita jadi teringat akan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa, “Di tangan orang-orang yang tepat, hal yang tidak mungkin terlihat menjadi sangat wajar. Sementara di tangan orang-orang yang tidak tepat, hal yang tampak wajar jadi mustahil.”

Apa yang dilakukan oleh Kepala MAN 4 Kebumen dan segenap guru pegawai selama ini tidak lain merupakan sebuah ikhtiar untuk menjadi ‘orang-orang yang tepat’ itu. Sehingga siapa pun nantinya yang datang ke tempat ini, ke MAN 4 Kebumen ini, dan menyerahkan putera-puterinya untuk dididik, setidaknya mereka tak perlu lagi ragu apalagi dibebani oleh suara-suara sumbang yang selama ini berkata, “Apa hebatnya masuk di MAN 4 Kebumen..!!?”

Ya, sebagian orang mungkin masih samar-samar dalam membaca dan memahami tentang seperti apa MAN 4 Kebumen. Namun ketika madrasah yang konon sering disebut-sebut ‘mewah’ alias mepet sawah ini pada November 2021 kemarin berada pada posisi ke-4 dari sekitar 409 MAN se-Jawa Tengah dalam hal prestasi, termasuk di antaranya menorehkan tiga prestasi di kancah internasional, masihkah keraguan terhadap madrasah ini diperlukan? Tidak lagi, bukan.

Tentu saja kita bersyukur dengan apa yang sudah dicapai MAN 4 Kebumen, terutama dalam rentang perjalanannya menjelang satu tahun ini. Kita bersyukur bahwa apa pun yang sudah dicapai oleh madrasah ini merupakan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa. Kepala Madrasah, para Waka, para guru dan segenap pegawai yang telah bekerja keras selama ini tidak lain merupakan orang-orang yang diperkenankan untuk menjadi ‘saluran’ bagi sampainya karunia demi karunia Tuhan berupa prestasi itu kepada MAN 4 Kebumen.

Nilai-nilai syukur inilah yang ditekankan oleh Kepala MAN 4 Kebumen di antaranya dalam Rapat Evaluasi dan Koordinasi pada Kamis, 16 Desember 2021. Dalam kesempatan itu, Bapak H. Muhamad Siswanto, M.Pd.I mengingatkan bahwa kemajuan madrasah jangan hanya diukur dari nilai-nilai akademiknya semata. Namun yang tidak kalah penting nilai-nilai religius dan moralitas yang tinggi harus mewarnai semua aktivitas di madrasah.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Kepala MAN 4 Kebumen juga memaparkan sedikitnya enam hal karunia Allah Swt yang telah diberikan kepada MAN 4 Kebumen; (1) tiga kali keberhasilan MAN 4 Kebumen menjuarai kompetisi internasional, (2) naiknya peringkat MAN 4 Kebumen dari awalnya peringkat ke-5 pada bulan Oktober 2021 menjadi peringkat ke-4 se-Jawa Tengah pada November 2021, (3) masuknya Tim Robotik MAN 4 Kebumen dalam Event Nasional, (4) terwujudnya BKK di MAN 4 Kebumen di mana MAN 4 Kebumen menjadi satu-satunya MAN yang memiliki BKK di Jawa Tengah, (5) dibangunnya kelas digital dan, (6) berdirinya studio Podcast dan MAEN TV.

Saat ini, menjelang akhir tahun 2021, tidak ada hal yang paling membahagiakan bagi segenap keluarga besar MAN 4 Kebumen selain catatan akhir tahun yang begitu indah ini. Catatan akhir tahun yang berisi jejak-jejak perjuangan dan pengorbanan yang telah ditorehkan oleh Kepala Madrasah, para Waka, para guru, pegawai, karyawan dan para siswa-siswi yang semuanya bersinergi menghadirkan kebahagiaan sehingga kita bisa meninggalkan tahun 2021 menuju 2022  dengan sesungging senyuman paling indah di bibir masing-masing. Kita meninggalkan tahun 2021 dengan jejak-jejak manis yang akan selalu dikenang. Dan di tahun berikutnya, semoga jejak-jejak manis itu bisa menjadi motivasi untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi. Semoga, (Redaksi E-Mantab).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *