Senin, 3 Januari 2022, seiring dengan hari pertama masuk sekolah pasca liburan, segenap keluarga besar MAN 4 Kebumen melaksanakan upacara memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-76. Dalam upacara kali ini ada pemandangan yang berbeda dari upacara yang biasa dilakukan sebelum-sebelumnya. Seperti biasa, upacara awalnya dilaksanakan di halaman madrasah dengan melakukan pengibaran bendera merah putih yang dilanjutkan dengan amanat pembina upacara, yaitu Kepala MAN 4 Kebumen, Bapak H. Muhamad Siswanto, M.Pd.I.

 

Dalam sambutan dan amanatnya, Bapak Siswanto menceritakan bagaimana perjuangan para tokoh Indonesia pada waktu mau mendirikan Kementerian Agama. Menurutnya, ide untuk membentuk Kementerian Agama awalnya ditentang keras oleh salah seorang anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Salah satu tokoh anggota PPKI yang menolak keras adalah Johanes Latuharhary.

“Namun kita patut bersyukur bahwa ternyata ada banyak tokoh Muslim yang begitu getol menyuarakan pentingnya membentuk Kementerian Agama. Tokoh tersebut salah satunya berasal dari Gombong. Beliau adalah KH. Abu Dardiri, tokoh Muhammadiyah dan merupakan utusan Komite Nasional Indonesia Daerah Keresidenan Banyumas.”

Di hadapan siswa-siswi, para guru dan karyawan yang mengikuti upacara tersebut Bapak Siswanto juga mengingatkan bahwa kita patut bersyukur dengan dibentuknya Kementerian Agama. Sebab dalam perjalanannya, Kemenag tidak hanya mengurusi masalah pernikahan semata sebagaimana dipahami sebagain orang sebelumnya. Namun Kemenag juga banyak berjasa terutama dalam memajukan dunia pendidikan.

“Bahkan saat ini lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kemenag seperti madrasah-madrasah sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena itu kita harus selalu bersyukur kepada Allah Swt agar madrasah kita semakin maju,” demikian ungkap Kepala MAN 4 Kebumen di akhir sambutannya.

Setelah upacara selesai, semua siswa-siswi MAN 4 Kebumen kemudian diminta memasuki kelas masing-masing untuk melaksanakan hataman Al-Qur’an yang dipandu oleh Waka Kesiswaan, Waka Humas serta masing-masing Wali Kelas. Pelaksanaan khataman Al-Qur’an yang dilakukan secara serentak di semua kelas itu dimulai pada jam 09:00 sampai dengan jam 11:00. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa Khatmi al-Qur’an yang dipimpin oleh masing-masing Wali Kelas.

Kepada Redaksi E-Mantap, Waka Humas, Ibu Yuhana Yoesoef mengatakan bahwa pelaksanaan khataman Al-Qur’an yang dilaksanakan bersamaan dengan Hari Amal Bakti Kemenag ini diharapkan dapat menginspirasi siswa-siswi dan segenap keluarga besar MAN 4 Kebumen untuk selalu dekat dengan Al-Qur’an. “Ini sesuai dengan apa yang selalu disampaikan Bapak Kepala MAN 4 Kebumen bahwa untuk menjadi madrasah yang sukses itu kita tidak hanya mengandalkan nilai akademik tapi juga nilai-nilai keagamaan,” tukas Ibu Yuhana (@PapiRose)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *