Setidaknya dalam tiga bulan terakhir di awal tahun 2022, prestasi akademik siswa-siswi MAN 4 Kebumen dalam pentas nasional semakin menggeliat. Betapa tidak, mulai awal tahun sampai bulan April ini sudah berhasil meraih empat puluh Sembilan (49) medali dari berbagai ajang perlombaan, baik olimpiade mapel maupun ajang kompetisi lainnya. Data perolehan medali secara detail dapat dilihat dalam gambar di bawah ini.

Perolehan medali itu mengindikasikan bahwa kemampuan akademik siswa-siswi MAN 4 Kebumen, tidak perlu dipertanyakan lagi, ini adalah fakta bahwa kita bisa sejajar dengan sekolah atau madrasah yang selama ini menjadi jadi mainstream, seperti sekolah atau madrasah yang berada di pusat kota. MAN 4 Kebumen berhasil bertahan di puncak dalam urutan nomor tiga madrasah-madrasah se-Jawa Tengah. Ini adalah bukti bahwa prestasi MAN 4 Kebumen, patut dicatat dalam tinta emas sejarah.
Keberhasilan ini tentunya bukan hal yang tiba-tiba, karena sejak tahun ajaran baru dengan Kepala Madrasah yang baru, H. Muhamad Siswanto, M.Pd. I. menyatakan sudah saatnya MAN 4 Kebumen menfokuskan diri pada raihan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional, jika kita ingin eksis sebagai madrasah yang menjadi pilihan banyak siswa atau orang tua wali murid untuk masuk MAN 4 Kebumen. Dalam waktu yang tidak terlalu lama MAN 4 Kebumen bisa meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Tanggal 23 Oktober 2021 berhasil meraih penghargaan dalam ajang International Avicenna Youth Science Fair (IAYSF) 2021 di Taheran, Iran.
Penghargaan internasional ini tercatat bukan yang pertama bagi MAN 4 Kebumen. Sebab pada bulan April 2021, MAN 4 Kebumen juga meraih penghargaan dalam ajang Malaysia Internasional Young Scientists Conference and Exhibition (MYSCE) 2021. Dalam ajang IAYSF ini, sebanyak 10 orang pelajar yang terbagi dalam dua kelompok KIR (Karya Ilmiah Remaja) MAN 4 Kebumen berhasil meraih silver award untuk riset mereka di bidang biologi dan sosial humaniora. Baca secara lengkap di   https://man4bumen.sch.id/2021/10/28/dua-tim-kir-man-4-kebumen-raih-prestasi-internasional-di-iran
Keberhasilan ini semakin meneguhkan hati dan tekad kita bahwa tidak ada yang tidak mungkin bisa diraih asal diikhtiari dengan sungguh-sungguh, sebagaimana firman Alloh:
وَٱلَّذِينَ جَٰهَدُوا۟ فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلْمُحْسِنِينَ
“Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (Surat Al – ‘Ankabut ayat 69 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *