Setiap orang memiliki jenis golongan darah yang berbeda-beda. Namun masih belum banyak masyarakat yang mau melakukan tes darah untuk mengetahui jenis golongan darah mereka, kecuali ketika sudah mengalami masalah kesehatan. Karena itu, dengan menggandeng Puskesmas Gombong, MAN 4 Kebumen pada Rabu (22/06) mengadakan acara cek darah massal yang diikuti oleh sekitar 170-an pelajar kelas X dan XI termasuk calon siswa-siswi baru.

Dalam sambutannya pada pembukaan acara tersebut, Waka Kesiswaan MAN 4 Kebumen, Asmara Wijaya, di hadapan para siswa menegaskan akan pentingnya melakukan cek darah dini untuk mengetahui golongan darah.

“Kalian pasti nantinya membutuhkan kartu yang berisi informasi tentang golongan darah kalian. Apalagi kalau sudah lulus dan akan melamar bekerja atau kuliah. Itu biasanya ditanya golongan darahnya apa. Karena itu, MAN 4 Kebumen menfasilitasinya dan terima kasih kalian sangat antusias,” kata Wijaya.

Pentingnya mengetahui golongan darah itu, kata Wijaya, juga berguna untuk memudahkan kita mendapatkan informasi pada saat ada program donor darah. “Siapa tahu kalian nanti bisa ikut donor darah untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Itu kan mulia sekali, sudah dapat pahala dan tubuh kita jadi semakin sehat karenanya.”

Sementara itu, menurut Yuhana Yoesoef selaku Waka Humas mengatakan bahwa kegiatan cek golongan darah yang dilakukan lembaganya itu juga merupakan bentuk pelayanan dan pengabdian MAN 4 Kebumen kepada masyarakat. (@Ca’rose)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *