Keberadaan sampah masih menjadi persoalan yang tidak kunjung selesai dan kerap menimbulkan keresahan di masyarakat. Karena itu diperlukan kesadaran bersama bagi seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama dari masalah sampah.

Dalam rangka fun gathering, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MAN 4 Kebumen mengadakan acara bersih-bersih pantai, tepatnya di Pantai Bopong pada Rabu (22/06). Dalam acara tersebut, sebanyak 20-an pelajar yang tergabung dalam keanggotaan tim KIR MAN 4 Kebumen itu bekerja sama dengan beberapa komunitas lain seperti Komunitas Hidroponik Terintegrasi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen, Puskesmas Puring dan TPS Kedung Puji.

Menurut pembina KIR MAN 4 Kebumen, Mufita Wafiana, kegiatan fun gathering kali ini memang sengaja mengadakan bersih-bersih pantai karena biasanya pantai sebagai tempat berkumpulnya banyak orang sering menyisakan banyak sampah.
“Kami bukan hanya sekadar refreshing. Tapi juga untuk mengedukasi anak-anak MAN 4 Kebumen dan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai. Sebab biasanya di pantai itu banyak sekali sampah berserakan. Orang ke pantai untuk melihat keindahan alam, malah yang dilihat sampah,” kata Wafiana.

Selain itu, menurut Wafiana, sebagai wujud kepedulian MAN 4 Kebumen, dalam acara tersebut pihaknya juga menyerahkan tong tempat sampah yang ditempatkan di beberapa titik di sepanjang Pantai Bopong. “Kami sadar bahwa orang terkadang gampang buang sampah sembarangan akibat keterbatasan tempat sampah. Karena itu kami juga menyerahkan tempat sampah di sini. Semoga bermanfaat,” tukas Wafiana. (@Ca’rose)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *