Perhelatan Pekan Olahraga dan Seni MAN se-Kedu yang dilaksanakan pada 24 September 2022 di MAN 1 Kebumen menyisakan banyak catatan, khususnya bagi kontingen MAN 4 Kebumen sendiri. Meskipun baru berhasil membawa dua piala penghargaan di dua cabang olah raga dari tujuh cabang olah raga yang dipertandingkan, namun hal itu merupakan sebuah pencapaian yang tetap perlu diapresiasi.

Hal itulah yang disampaikan Kepala MAN 4 Kebumen, Suratno, M.Pd, dalam apel pagi di halaman madrasah pada Senin (26/09). Dalam sambutannya, Suratno mengingatkan kembali bahwa membawa kemenangan dalam even kompetisi olah raga tersebut merupakan hal yang wajib meskipun tetap harus menjunjung sportifitas.

“Hanya saja, kalau kita belum menang secara maksimal, anggaplah itu seperti sebuah kewajiban yang ditangguhkan. Sebab ada suatu kewajiban yang tidak harus segera dilakukan, melainkan ditangguhkan sampai waktunya nanti tepat,” kata Suratno.

Selain itu, Suratno juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua anak didiknya yang ikut berkompetisi secara sportif dalam ajang Porsemandu tersebut. Bahkan ia juga menekankan untuk mencapai keberhasilan setidaknya semangat mandiri, agamis, entrepreneur dan sikap nasionalis yang disingkat ‘Maen’ itu benar-benar dilaksanakan dalam hidup sehari-hari sebagaimana hal itu menjadi jargon MAN 4 Kebumen.

“Masih ada kesempatan untuk memperbaiki prestasi. Apa yang sudah kita dapatkan, kita syukuri sambil berusaha meningkatkan prestasi itu di waktu-waktu berikutnya. Intinya jangan putus asa,” demikian ungkap Suratno. (Bharada R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *