Dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan, bahwa salah satu tujuan dari pendidikan nasional adalah menjadikan peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus berakhlak mulia. Untuk mewujudkan amanat tersebut, salah satu upaya yang sudah sejak lama dilakukan MAN 4 Kebumen adalah dengan mengaktifkan organisasi kerohanian Islam (Rohis) dengan berbagai kegiatan.

Bertepatan dengan Jumat (23/12), Rohis MAN 4 Kebumen melaksanakan reorganisasi kepengurusan dan serah terima jabatan pengurus Rohis masa jihad 2021-2022 kepada pengurus baru masa jihad 2022-2023. Dengan mengangkat tema ‘Pemuda Milenial yang Berdedikasi untuk Agama dan Bangsa’ acara yang berlangsung di Masjid Al-Ikhlas MAN 4 Kebumen dihadiri oleh Kepala MAN 4 Kebumen dan segenap dewan guru.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 4 Kebumen, Suratno, M.Pd.I mengatakan bahwa rohis didirikan sebagai sarana untuk memperdalam dan memperkuat ajaran Islam. “Islam itu akan jadi kuat antara lain karena ajaran-ajarannya dilaksanakan oleh pemeluknya, ajaran-ajaran Islam mewarnai perilaku pemeluknya, menjadi aturan hidup, sikap sehingga nilai-nilai ajaran Islam itu nantinya menjadi bagian dari karakter kita,” kata Suratno.

Pada kesempatan, Asmara Wijaya selaku Waka Kesiswaan MAN 4 Kebumen mengingatkan agar kepengurusan Rohis MAN 4 Kebumen masa jihad 2022-2023 bisa lebih semangat dalam menjalankan programnya. Selain itu, Wijaya juga menyebutkan agar ke depan Rohis mampu mendukung setiap kegiatan madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan dan menguatkan karakter pelajar agar sesuai dengan visi-misi MAN 4 Kebumen.

Sementara itu, Pembina Rohis MAN 4 Kebumen, Rohmudin di hadapan pengurus Rohis yang baru menyampaikan agar pengurus dan anggota Rohis harus menjadi teladan bagi yang lain, terutama teladan dalam mengamalkan ajaran Islam, berakhlak mulia dan sebagainya. “Kegiatan Rohis itu merupakan pendukung bagi upaya mencetak anak didik yang cerdas, beriman dan berakhlak. Yang tidak kalah penting kalian sendiri harus jadi teladan bagi teman-temannya,” demikian ungkap Rohmudin. (Ca’Rose).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *