Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila, segenap civitas akademika MAN 4 Kebumen melaksanakan upacara pada Kamis (01/06). Diikuti oleh segenap guru, pegawai dan siswa-siswi MAN 4 Kebumen, khususnya kelas X dan XI, upacara yang berlangsung di halaman MAN 4 Kebumen itu berjalan sangat khidmat. Hal ini disebab karena dalam upacara tersebut juga disampaikan ulasan singkat sejarah lahirnya Pancasila oleh kepala madrasah.

Kepala MAN 4 Kebumen, Suratno, M.Pd.I selaku pembina upacara dalam sambutannya menegaskan bahwa lahirnya Pancasila melalui sebuah proses sejarah yang sangat panjang sampai kemudian ditetapkan sebagai dasar dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Selain itu, Suratno juga menjelaskan landasan substansi dari lima sila Pancasila dalam kitab suci Al-Qur’an.

“Pancasila ini milik kita. Sebagai seorang Muslim, lima sila dalam Pancasila itu dapat kita temukan rujukan substansinya dalam Al-Qur’an mulai dari sila pertama sampai dengan sila kelima. Misalnya sila pertama itu mengajarkan semangat tauhid dalam Al-Qur’an. Qulhuwallahu ahad. Demikian juga dengan empat sila yang lain,” kata Suratno.

Sementara itu, Waka Kesiswaan MAN 4 Kebumen, Asmara Wijaya dalam salah satu arahannya di akhir upacara juga ikut mengingatkan agar para pelajar MAN 4 Kebumen tidak hanya hafal lima sila Pancasila. Sebab menurutnya menghafal lima sila Pancasila itu sangat mudah.

“Kalau sekadar menghafal lima sila Pancasila itu mudah. Lima menit saja kalian pasti hafal. Tapi yang paling penting dengan kalian memperingati hari lahirnya Pancasila ini adalah menghayati dan mengamalkan pesan-pesannya dalam kehidupan sehari-hari, baik saat di madrasah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat,” demikian ungkap Wijaya. (C’Rose)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *