Dalam rangka ikut merayakan kebahagiaan di hari raya Idul Adha, segenap keluarga besar MAN 4 Kebumen pada Sabtu (01/07) melaksanakan kegiatan berupa pemotongan hewan kurban. Pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di halaman madrasah itu disaksikan langsung oleh Kepala MAN 4 Kebumen, para Waka, segenap guru dan pegawai MAN 4 Kebumen.

Untuk membantu suksesnya kegiatan tersebut, semua pengurus OSIS dan anggotanya serta sebagian siswa-siswi lainnya ikut terlibat di dalamnya. Menurut Kepala MAN 4 Kebumen, Suratno, M.Pd.I, tahun ini MAN 4 Kebumen memotong seekor sapi dan seekor kambing yang nantinya sebagian akan dibagikan kepada warga sekitar.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa ikut berkurban seekor sapi dan seekor kambing. Nantinya daging-daging kurban itu akan kita bagikan kepada sedikitnya 350 orang warga di sekitar MAN 4 Kebumen, dan sebagian lainnya untuk para guru, pegawai dan sebagian dimasak untuk dinikmati bersama siswa-siswi kita yang sudah membantu,” kata Suratno.

Sementara itu, Waka Kesiswaan, Asmara Wijaya saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pemotongan hewa kurban ini bukan sekadar ajang pesta pora belaka. Namun di dalamnya juga ada nilai-nilai edukasi yang diharapkan dapat dipahami oleh siswa-siswi MAN 4 Kebumen yang ikut terlibat di dalamnya.

“Tujuan utamanya pasti edukasi ya. Artinya dengan kegiatan ini, diharapkan anak-anak didik kita bisa belajar langsung bagaimana memotong hewan kurban yang benar sesuai syariat Islam. Kemudian juga bertujuan menggugah kesadaran mereka untuk menjadi pribadi yang senang berbagi, peduli pada orang lain,” demikian ungkap Asmara. (C’Rose)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *