Oleh: Rindang Bahtiar, S.Pd

Meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama dalam keterampilan menulis merupakan hal yang sangat dibutuhkan dan penting dilakukan. Namun upaya itu tidak selamanya berjalan mulus. Ada berbagai tantangan dan hambatan yang harus diselesaikan dengan tepat sehingga tujuan di atas dapat tercapai.

Berdasarkan hasil observasi di sekolah saya, terdapat permasalahan yang menyebabkan keterampilan menulis siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris terbilang rendah sehingga diperlukan strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi mereka. Beberapa permasalahan itu sebagai berikut:

  1. Sebagian besar siswa masih memiliki kemampuan menulis Bahasa Inggris yang cukup rendah
  2. Sebagian besar siswa kurang termotivasi untuk menulis cerita dalam Bahasa Inggris
  3. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris masih cenderung rendah
  4. Beberapa guru Bahasa Inggris belum menerapkan model pembelajaran inovatif di kelas yang menuntut siswa untuk aktif dalam menulis cerita dalam Bahasa Inggris
  5. Kebanyakan guru belum maksimal dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung terlaksananya proses pembelajaran.

Untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa dalam keterampilan menulis mata pelajaran Bahasa Inggris di atas, maka saya menyusun best practice dan rencana tindak lanjut dengan judul ‘Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Ketrampilan Menulis (Writing Skill) Materi Personal Recount Text Peserta Didik Kelas X IPS 1 MAN 4 Kebumen dengan Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Menggunakan Metode Diskusi.’ 

Selengkapnya klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *