Selasa, 26 Oktober 2021, sebanyak delapan mahasiswa dari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen yang akan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melaksanakan serah terima peserta PPL dengan keluarga besar MAN 4 Kebumen di aula madrasah. Dalam acara tersebut, Kepala MAN 4 Kebumen, Bapak H. Muhamad Siswanto, M.Pd.I hadir secara langsung didampingi oleh beberapa waka seperti Waka Kesiswaan, Indra Yunan Yunianto, S.Pd.,M.Pd, Waka Kesiswaan, Asmara Wijaya, S.Pd, Waka Humas, Yuhana Yoesoef, S.Ag, Waka Sarana Prasarana, Hadi Susanto, M.Pd dan beberapa orang guru.

Rizky Hidayat, M.Pd, selaku perwakilan dari IAINU Kebumen sekaligus pembimbing PPL dalam sambutannya menyampaikan, bahwa mahasiswa/i yang akan melaksanakan PPL di MAN 4 Kebumen itu merupakan mahasiswa Fakultas Tarbiyah. “Insya Allah, delapan mahasiswa-mahasiswi kami yang akan PPL di sini sudah memahami prinsip-prinsip dasar tentang bagaimana mengajar yang baik. Mereka sudah mengikuti sebanyak tujuh kali mikroteaching yang meliputi pemahaman teori dan praktik.”

Meski demikian, menurut Hidayat, pihaknya tetap meminta bantuan kepada segenap pihak yang ada di MAN 4 Kebumen untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada delapan orang mahasiswanya yang akan melaksanakan PPL di MAN 4 Kebumen. “Mereka tetap memerlukan arahan dan bimbingan karena Bapak-Ibu yang ada di MAN 4 tentu sudah lebih berpengalaman dari mahasiswa-mahasiswi kami,” ungkap Hidayat.

Kepala MAN 4 Kebumen dalam sambutan penerimaan peserta PPL mengingatkan agar semua mahasiswa yang ikut PPL di lembaganya benar-benar serius menjalankan tugasnya dan selalu mengutamakan profesionalitas. “PPL ini jangan dianggap sekadar acara seremonial kampus belaka. Saya tegas menyampaikan ini. Saya berharap mahasiswa harus memanfaatkan kesempatan PPL ini sebaik-baiknya karena mereka akan belajar dan menghadapi kenyataan secara langsung mengenai dunia pendidikan.”

Selain itu, Kepala MAN 4 Kebumen tersebut juga menjelaskan, bahwa sifat keilmuan di dunia akademik itu ada dua; ada yang bersifat idealis dan ada yang faktual. “Buku yang Anda baca di kampus, itu keilmuan yang bersifat idealis. Sementara di sini Anda akan menemukan hal-hal faktual yang sangat mungkin tidak sama dengan apa yang Anda baca di buku. Karena itu manfaatkan kesempatan PPL ini dengan sebaik-baiknya.”.

Delapan orang mahasiswa yang akan melaksanakan PPL di MAN 4 Kebumen hingga tanggal 10 Desember 2021 mendatang itu terdiri dari Amaril Kholifah Fibrianti, Musyafa Hamdani, Nurhalimah Septianingsih, Oviana Nurlaeli Rahmawati, dan Saiful Hamzah. Sementara tiga mahasiswi lainnya merupakan alumni MAN 4 Kebumen sendiri, yaitu Durotun Nafisah, Sasi Nuria dan Risa Anggraeni, (@PapiRose).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *