Mendengar kata-kata jawara, sebagian orang mungkin langsung terbayang pada keberadaan sosok laki-laki perkasa, jago silat dan sebagainya. Tapi kenyataannya, sosok jawara tidak hanya identik dengan kaum lelaki. Tidak sedikit kaum wanita yang juga menjadi seorang jawara. Lutfiana Tri Khafidah salah satunya.

Lutfiana, begitu ia biasa dipanggil, saat ini tercatat sebagai siswi kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen. Tentu ia patut disebut sebagai jawara karena pada tanggal 26 Oktober 2021 berhasil meraih emas sebagai juara pertama dalam event Bupati Cup Kebumen 2021 untuk ajang lomba bela diri Judo U-19 tingkat SMA. Beruntung Tim E-Mantab bisa mengorek beberapa informasi dari Lutfiana di tengah-tengah kesibukan belajarnya di sekolah dan juga berlatih.

Sumber gambar: amorvacui.org

Dalam penuturannya kepada E-Mantab, Lutfiana yang saat ini menekuni bela diri Judo itu awalnya memiliki cita-cita menjadi seorang tentara wanita. Sejak bercita-cita menjadi seorang tentara, ia merasa perlu memperhatikan kesehatan dan melatih kekuatan fisiknya karena untuk menjadi seorang tentara memang dibutuhkan fisik yang kuat dan sehat.

Untuk itulah Lutfiana mulai mengikuti latihan bela diri Judo sejak masih duduk di kelas VII semester II. Selama mengikuti latihan bela diri asal Jepang yang kini menjadi salah satu bela diri terpopuler di dunia itu, banyak suka duka yang dialami Lutfiana. “Saya pernah mengalami tiga kali radang tulang, mulai radang tulang punggung, bahu dan juga lutut.” Mungkin karena beberapakali mengalami radang tulang akibat kerasnya latihan itulah, Lutfiana mulai berpikir melupakan cita-citanya menjadi tentara dan ingin lebih menekuni Judo. “Nanti kalau tidak jadi tentara ya jadi atlet Judo,” demikian ungkap Lutfiana.

Sepintas tidak ada yang menyangka bahwa di balik penampilan Lutfiana yang kalem itu ternyata dia sangat jago bermain Judo. Apalagi mampu memenangi event Judo Kejurkab dengan menyabet juara pertama.

Dokumen pribadi

Wahh… jangan macem-macem sama Lutfi ya. Sekali dia keluarkan teknik “Shime waza”-nya, koittt lah kita. Selamat ya (@PapiRose).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *