KEBUMEN, man4kebumen.sch.id-Dalam rangka memeriahkan milad ke-27 Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen sejumlah perlombaan telah dibuka, seperti senam konfigurasi dan sajian kuliner nusantara.

Kegiatan diawali dengan do’a bersama dan arahan dari waka kesiswaan yakni, Asmara Wijaya, S.Pd. terkait kegiatan milad yang akan berlangsung dari Senin, 4 Maret 2024 sampai Kamis, 7 Maret 2024.

Lomba senam konfigurasi dikhususkan untuk kelas XI (sebelas) yang sebelum pelaksanaan lomba masing-masing perwakilan kelas mengambil nomor undian, bersamaan dengan itu pelaksanaan lomba sajian kuliner nusantara yang dikhususkan untuk kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas), para siswa mengumpulkan hasil sajian kulinernya di ruangan yang siapkan oleh panitia.

Menurut Waris Ambar Rejeki, S.Pd. selaku salah satu juri lomba senam konfigurasi,”Lomba senam konfigurasi ini dapat mengembangkan bakat tari yang dimiliki oleh siswa MAN 4 Kebumen, terkait perlombaan ini masih banyak gerakan senam yang kurang semangat dan tidak selaras dengan musiknya, padahal tujuan utama perlombaan ini untuk mengasah kekompakan, kreasi dan kreativitas siswa.”

Menurut Uji Setiyani, S.Pd. selaku juri lomba sajian kuliner nusantara ,”Untuk lomba sajian kuliner nusantara ini dapat memberi manfaat yaitu untuk mengenal makanan Indonesia, sehingga menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap NKRI, kemudian dapat melatih keterampilan siswa dalam menyajikan kajian kuliner secara estetis.”

Hari kedua milad ke-27 MAN 4 Kebumen hadirkan perlombaan pidato bahasa Arab dan olimpiade sains.

MAN 4 Kebumen berhasil mengimplementasikan pembelajaran bahasa Arab dengan mengadakan lomba pidato bahasa Arab yang diikuti oleh siswa khususnya kelas XI (sebelas) yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB.

Berbeda dengan lomba pidato bahasa Arab yang dilakukan secara langsung di panggung, lomba olimpiade sains dilakukan secara online dan dibuka secara umum jenjang SMP/MTs sederajat, yang meliputi mata pelajaran IPA, IPS, matematika. Semua rangkaian acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa sekaligus memperkenalkan  MAN 4 Kebumen kepada khalayak.

Menurut Sutarmi, S.Pd.I. selaku salah satu juri lomba pidato bahasa Arab,”Untuk semua siswa yang tampil itu keren, karena tidak semua orang berani tampil didepan banyak orang, hanya orang-orang terpilih. Beberapa sudah ada yang tampil tanpa teks itu bagus sekali, untuk kedepannya bisa ditingkatkan lagi, seperti mengajak audiens berinteraksi sehingga pidato lebih hidup.”

Menurut Asmara Wijaya, S.Pd. selaku waka kesiswaan MAN 4 Kebumen,”Salah satu tujuan diselenggarakannya lomba olimpiade sains adalah kita ingin menyelenggarakan lomba dengan biaya yang sedikit tapi efektif untuk menjaring dan memperkenalkan MAN 4 Kebumen kepada para peserta didik, selain itu saat ini sedang maraknya lomba-lomba online.” (Akbar_Jurnalis Persuasi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *